//

TRANSFORMASI GEUDEU GEUDEU MENJADI SENI PERTUNJUKAN DI TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LAINA WAHYUNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: transformasi, pertunjukan, geudeu-geudeu Penelitian ini berjudul “Transformasi Geudeu-geudeu menjadi seni pertunjukan di Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya”. Mengangkat masalah tentang bagaimana Transformasi bentuk permainan Geudeu-geudeu menjadi seni pertunjukan Geudeu-geudeu di Trienggadeng Pidie Jaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan transformasi bentuk permainan Geudeu-geudeu menjadi seni pertunjukan Geudeu-geudeu di Trienggadeng Pidie Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendakatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Transformasi Geudeu-geudeu di Tringgadeng Kabupaten Pidie Jaya pada dasarnya tidak mengalami perubahan secara signifikan dari ritual budaya menjadi seni pertunjukan sama-sama berfungsi sebagai hiburanb dari yang tidak dipersiapkan menjadi hiburan yan telah dipersiapkan baik dari segi pemain, penonton, kostum, dan tempat permainan. Penyebab terjadinya transformasi Geudeu-geudeu karena faktor modernisasi, faktor agama, pengaruh budaya lain, penemuan baru dan pengembangan teknologi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUNJUKAN RAPA¬’I BUBÈE DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Nurul Afni, 2019)

PEMERIKSAAN KONTAMINASI BORAKS PADA BAKSO DAGING SAPI DI KABUPATEN PIDIE JAYA (RIZAL FUADI, 2015)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PETANI KAKAO DI KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA, 1999-2014 (Ida Zahara, 2018)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN SD NEGERI 2 TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (JULIANTI, 2019)

HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN RUMAH DAN STATUS EKONOMI MASYARAKAT TERHADAP KEJADIAN MALARIA DI DESA PEULANDOK TEUNGOH KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (Siska Yani, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy