//

ANALISIS KELAYAKAN JAMBU MADU DI SMK-PP NEGERI SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EVA YULIA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Jambu madu (Syzygium samarangense) adalah salah satu jenis jambu air varietas baru yang sekarang mulai diakui memiliki kualitas unggul. Perluasan bisnis jambu madu semakin banyak diminati termasuk kelompok usahatani yang ada di Desa Paya Roba di Kecamatan Binjai Barat.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan usaha jambu madu di SMK-PP NEGERI SAREE.Metode penelitian yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara observasi dilapangan dan wawancara dengan pengelola budidaya jambu madu. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku, web, dan sumber lain yang berkaitan dengan penilaian selama waktu pengumpulan data diperoleh selama masa kegiatan. Usahatani jambu madu ini dilakukan pada 100 tabulampot. Penggunaan sarana produksi yang digunakan dalam penelitian meliputi bibit, pupuk ,fungisida, dan insektisida. Pupuk yang digunakan terdiri dari pupuk NPK dan pupuk kandang.Total biaya sarana produksi yang digunakan sejumlah Rp. 3.128.000,-. Biaya tetap pada usahatani jambu madu di daerah penelitian ini terdiri dari biaya pembelian gembor, pisau cutter, cangkul, kereta sorong, mesin pompa, selang, dan sprayer.Total biaya tetap untuk budidaya jambu madu ini adalah sebesar Rp.1850.000,- dengan nilai penyusutan sebesar Rp.542.000,-.Produksi dalam setahun untuk tanaman jambu madu yang ada dilokasi dengan banyak 100 tanaman mendapatkan hasil 250 kg per sekali panen atau 500 kg per tahunnya. Hal tersebut didapati bahwa penerimaan untuk usahatani jambu madu dengan harga jual Rp. 45.000.,- yaitu sebesar Rp. 22.500.000,- dalam satu tahun.Hasil analisis kelayakan yang didapat adalah bahwa usahatani jambu madu ini layak untuk diusahakan karena R/C lebih dari 1 yaitu sebesar 1,43 begitu juga dengan harga jual dan produksi sudah melewati dari BEP harga Rp. 31,340 dan BEP produksi 348 kg yaitu sebesar Rp. 45.000 dan 500 kg.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHATANI UBI KAYU DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD REZA, 2016)

PROSPEK PENGEMBANGAN BUDIDAYA JAMBU MADU DELI HIJAU DI KELURAHAN SUMBER KARYA KECAMATAN BINJAI TIMUR KOTA BINJAI (STUDI KASUS PADA USAHA RIZKI JAMBU MADU) (TIKA NURJANNAH RANGKUTI, 2016)

ANALISIS BUDIDAYA USAHA TANAMAN HIAS MIANA MERAH (COLEUS BLOOD RED) PADA UNIT PRODUKSI PEMBIBITAN TANAMAN HORTIKULTURA SMK-PP NEGERI SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rika Maulana, 2017)

UPAYA GURU MEMBERIKAN BIMBINGAN SOSIAL PRIBADI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rahmatun Ulya, 2019)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Akbar Maulana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy