//

RAGAM PERTANYAAN YANG DIGUNAKAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI MAISARAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Siti Maisarah. 2017. Ragam Pertanyaan yang digunakan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya . Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Saifuddin Mahmud, M.Pd. (2) Subhayni, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: ragam pertanyaan, jenis kalimat tanya, guru Penelitian yang berjudul “Ragam Pertanyaan yang Digunakan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya” mengkaji tentang ragam pertanyaan guru dalam interaksi belajar-mengajar bahasa Indonesia pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) ragam pertanyaan yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya dan (2) jenis kalimat tanya yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian kelas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Sumber data penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik: (1) mencatat dan merekam semua dialog guru dengan siswa pada saat pembelajaran berlangsung;(2) mengumpulkan data rekaman dengan teknik catat; (3) mengelompokkan data berdasarkan variabel dan (4) menganalisis dan mendeskripsikan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan enam ragam pertanyaan yang bervariasi yakni yang meliputi: (1) ragam pertanyaan pengetahuan; (2) ragam pertanyaan pemahaman; (3) ragam pertanyaan terapan; (4) ragam pertanyaan analisis; (5) ragam pertanyaan sintesis; dan (6) ragam pertanyaan evaluasi dan menggunakan empat jenis kalimat tanya: (1) kalimat tanya biasa; (2) kalimat tanya retorik; (3) kalimat tanya klarifikasi/konfirmasi; (4) kalimat tanya tersamar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN PERTANYAAN TINGKAT TINGGI OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Nurmita, 2018)

PENGGUNAAN METODE PSIKODRAMA DALAM MEMERANKAN ISI FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 INGIN JAYA ACEH BESAR (Rina Handayani, 2018)

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (Sri Rahayu Ningsih, 2016)

RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS TINGGI SD NEGERI BARIEH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE RAGAM BAHASA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR-MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS TINGGI SD NEGERI BARIEH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Nurjannah, 2014)

ANALISIS BAHASA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTSS LAM UJONG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (LASMY, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy