//

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tata Aprianita - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aprianita, Tata. 2018. Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dalam Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Dosen Pembimbing: 1. Nana Suraiya, S.Pd., M.Pd 2. Dr. Nazaruddin, S.E., M.Ed Kata Kunci : Efektivitas, LKPD, mata pelajaran IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tanggapan siswa terhadap penggunaan LKPD berbasis PBL dalam mata pelajaran IPS yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 8 Banda Aceh, (2) efektivitas penggunaan LKPD berbasis PBL dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Subjek penilitian ini adalah siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan November 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari : (1) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), (2) Angket tanggapan peserta didik, (3) Dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah diawali dengan melakukan observasi, melakukan validasi LKPD, dan pelaksanaan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) analisis validasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), (2) analisis tes hasil belajar, (3) analisis angket tanggapan peserta didik, (4) analisis efektivitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Secara umum siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan LKPD berbasis PBL dalam proses pembelajaran. Sebagian besar siswa mengaku senang menggunakan LKPD. Selain itu para siswa mengaku penggunaan LKPD dalam proses pembelajaran menghilangkan rasa bosan dan jenuh pada siswa, serta memudahkan siswa dalam memahami dan menerima materi yang diberikan oleh guru, (2) Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) efektif dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Analisis data pengukuran hasil efektivitas penggunaan LKPD ditinjau dari hasil belajar siswa, secara keseluruhan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sangat baik yaitu 87,05. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan LKPD berbasis PBL efektif digunakan dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA HEWAN TERHADAP BERPIKIR KRITIS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMAN I LABUHANHAJI TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Yanizar, 2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATERI TARAF INTENSITAS BUNYI DI SMA (RAIHAN TIRTA, 2018)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI MTSS AL-FURQAN BAMBI. (Emal Fida, 2016)

PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOME EXPERIMENT PADA MATERI KOLOID DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH TERHADAP HASIL BELAJAR (OKA MUNIRA, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSION DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MAULIDIN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy