//

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL FITRIA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
ECONOMIC
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fitria, Nurul. 2018. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: 1. Dra. Ruaida, M.Si 2. Nana Suraiya, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Proses Pembelajaran Ekonomi Penelitian ini berutujuan untuk mengetahui (1) penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran ekonomi yang terdiri dari langkah mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, (2) Untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi guru ketika menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran ekonomi, (3) Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik di SMA Negeri 1 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripstif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru mata pelajaran ekonomi, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Penerapan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kota Banda Aceh sudah diterapkan sejak mulai diberlakukannya kurikulum 2013, namun dalam pelaksanaannya masih belum berjalan dengan maksimal. (2) Pada umumnya, dalam menerapkan pendekatan saintifik guru ekonomi hanya mengalami kesulitan di bagian langkah mengamati dan langkah bertanya, hal ini dikarenakan siswa sulit untuk mengerti ketika diberikan bahan ajar yang harus mereka amati sendiri. Kemudian juga dilangkah bertanya, dimana sebagian siswa tidak berani untuk mengajukan pertanyaan kepada guru terkait apa yang sudah mereka amati. (3) Adapun upaya atau solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan cara memberikan motivasi kepada peserta didik dan memberikan penjelasan atau pemahaman dengan bahasa yang lebih mudah dipahami

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERISTATISTIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Rifka Nadia, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR DI KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Faizal Fariza, 2015)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HAKIKAT ILMU KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS X DI SMAN 1 UNGGUL BAITUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Rahmiati Fitri, 2015)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII-6 MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Rahmi Keumalasari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy