//

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI KELAS VIII SMP NEGERI 1 MONTASIK ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MONA WIRDA - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Wirda, Mona, 2019. Pengaruh penggunaan model talking stick terhadap peningkatan kemampuan siswa pada konsep usaha dan energi kelas VIII SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar.Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd. (2) Dr. A. Halim, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan, Model Talking Stick, Usaha dan Energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada konsep usaha dan energi.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Montasik Aceh Besar.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling.Sampel yang dipilih adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 20 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar angket peserta didik. Data hasil tes dianalisis dengan uji statistik berupa mean (nilai rata-rata) dan data dari hasil angket respon peserta didik menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 84, dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 74,10, dengan hasil uji t menunjukkan bahwa thitung> ttabelyaitu 3,56 > 1,68 pada taraf signifikan 95%, yang bearti Ha diterima.Persentaserespon peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran Talking Stick adalah sangat positif dengan kriteria sangat setuju 77,5%, yang menjawab setuju 19,5% dan kurang setuju 3,0%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick pada pembelajaran materi Usaha dan Energi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nori Arjuliadi, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI MINYAK BUMI PADA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sri Ninta Br Sinulingga, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MODEL KOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Imansyah Harahap, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI KEPADATAN POPULASI UNTUK MENGETAHUI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MEUREUDU KEBUPATEN PIDIE JAYA (NURJANNAH, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI OPERASI PERKALIAN DI KELAS II SD NEGERI 47 BANDA ACEH (Syafni Yenti, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy