//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI READING QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI WAHYUNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Wahyuna, Sri. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan strategi Reading Quiz terhadap prestasi Belajar Sejarah Siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. T. Abdullah, S.H., MA (2) Nurasiah, S. Pd., M.Pd Kata Kunci: Group Investigation, Reading Quiz, Prestasi belajar. Penelitian yang berjudul “Pengaruh model Pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan strategi reading quiz terhadap prestasi Belajar Sejarah Siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh” ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan Strategi reading quiz terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh; dan (2) untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan Strategi reading quiz. Pedekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif sedangkan jenis penelitiannya eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 110 siswa dan terdiri dari 4 kelas, dan sampelnya kelas XI IPS1 dan XI IPS3 masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil yang didapatkan adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigation dengan strategi reading quiz berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banda Aceh. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan analisis uji-t diperoleh nilai pada taraf 5% (α=0,05) diperoleh thitung = 3,06 pada taraf signifikan (α=0,05) dan peluang (1-α), t(0,95)(27) = 2,02 dengan dk = 24 – 1 = 23. Karena 3,06 > 2,02 maka, H1 diterima. Faktor yang mempengaruhi presasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan strategi reading quiz adalah siswa terlibat langsung dalam menemukan masalah pelajaran yang guru sampaikan, sehingga memunculkan rasa senang, minat dan motivasi yang tinggi untuk bisa menjadi yang terbaik dari teman sekelasnya, bahkan siswa juga mengakui penggunaan model pembelajaran group investigation dengan strategi reading quiz oleh guru sejarah dapat mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Jul Siga Putra, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PAJAK DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (munawarah aini, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEBERAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI LINGKUNGANKURN KELAS IV SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Afratun, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy