//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SITI HAJAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hajar, Siti. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning dan Quantum Teaching Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di MAN 1 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs Syamsul Bardi M.Si., (2) H. Daska Aziz, S.Pd M.A Kata Kunci:Perbandingan, Hasil Belajar, Quantum Learning, Quantum Teaching, Geografi Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan Quantum Teaching dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran geografi kelas X di MAN 1 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dibandingan dengan Quantum Learning pada mata pelajaran geografi Kelas X di MAN 1 Banda Aceh. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran geografi kelas X di MAN 1 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X IS yang berjumlah 112 siswa dan sampel dari penelitian ini adalah siswa Kelas X IS-2 sebanyak 38 siswa dan siswa Kelas X IS-3 sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan test yaitu berupa pemberian soal pre-test dan post-test kepada siswa. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Uji-t. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah thitung = 2,10 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 73, artinya thitung>ttabel, sehingga Haditerima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Quantum Learning pada materi Rotasi dan Revolusi Bumi mata pelajaran Geografi Kelas X di MAN 1 Banda Aceh. Saran dari penelitian ini bagi guru adalah dapat menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran geografi untuk membuat siswa aktif dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING DI SMPN 8 BANDA ACEH (Sarah Nadia, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mika Rona Adilla, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Amalia Husna, 2017)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN NON QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 3 PEUREULAK (Iqbal Khadafi Phonna, 2016)

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy