//

PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF DENGAN BANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 PEUREULAK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RINDA KEMALA ASKARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Askari, Rinda Kemala. 2018. Penerapan Pendekatan Kooperatif Dengan Bantuan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Peureulak. Sk ripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Syamsul Bardi, M.Si., (2) Drs. Thamrin K, M.Si. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Lembar Kerja Peserta Didik, Hasil Belajar. Penelitian ini berjudul penerapan pendekatan kooperatif dengan bantuan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Peureulak. Rumusan masalah penelitian yaitu: apakah penerapan Lembar Kerja Peserta Didik dapat meningkatkan hasil belajar siswa; bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam penerapan pendekatan kooperatif bantuan LKPD; bagamana keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan bagaimana respon siswa dalam penerapan pendekatan kooperatif bantuan LKPD pembelajaran geografi siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Peureulak. Penelitian dilakukan di Kelas XI IS SMA Negeri 1 Peureulak Kabupaten Aceh Timur semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pre-test dan post-test, lembar aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru, dan angket respon siswa. Analisis menggunakan statistik deskriptif persentase. Subjek penelitian adalah seluruh siswa Kelas XI IS4 SMAN 1 Peureulak yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan secara individual meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 68% pada siklus II dan 100% pada siklus III. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 28,5% pada siklus I menjadi 71,4% pada siklus II dan 85% pada siklus III. Jumlah kesesuaian aktivitas guru dan siswa meningkat dari 4 aktivitas sesuai pada siklus I menjadi 6 aktivitas sesuai pada siklus II dan 8 aktivitas sesuai pada siklus III. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari skor 2,23 dengan kategori sedang pada siklus I menjadi 2,9 dengan kategori baik pada siklus II dan 3,35 dengan kategori baik pada siklus III. Pada umumnya siswa memberikan respon dengan baik dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran yang disampaikan guru. Maka dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar dengan pendekatan kooperatif bantuan Lembar Kerja Peserta Didik terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IS4 SMA Negeri 1 Peureulak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TETAPAN KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Saidaturrahmi, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Syahrul Hamdi, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSION DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MAULIDIN, 2019)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI KELILING DAN LUAS LINGKARAN PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (lisa turrahmi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy