//

MANTRA DAN GERAK TARI SINING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MARISA ULFA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Makna, Mantra, Gerak, Tari Sining Penelitian ini tentang “Makna Mantra dan Makna Gerak Tari Sining menyangkut masalah bagaimana makna mantra dan makna gerak Tari Sining. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna mantra dan makna gerak Tari Sining. pendekatan yang gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, mantra dalam tari Sining menunjukan bahwa pada dasarnya mantra pada pendirian pertama rumah masyarakat gayo berfungsi sebagai doa, doa yang dimaksud disini adalah doa agar rumah yang akan dibuat diberkahi oleh Allah swt, pada setiap paragrap dari masing-masing mantra yang digunakan pada tarian ini memiliki makna tersendiri dalam setiap paragrafnya dan gerak pada gerakan pada Tari Sining ini ada 19 gerak namun hanya beberapa gerak saja yang memiliki makna gerak dan disetiap ragam gerak memiliki beberapa rangkaian gerak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS STRUKTUR TARI SINING DI ACEH TENGAH (CHAIRUNNISA, 2018)

SINING DALAM KONTEKS KEBUDAYAAN GAYO (NUR FAJRIAH, 2019)

ANALISIS STRUKTUR GERAK SEUDATI DI ACEH (Iqbal Fahreza, 2019)

BENTUK PENYAJIAN TARI MUNALO DI KABUPATEN BENER MERIAH (Rika yanti, 2015)

ANALISIS STRUKTUR GERAK TARI LANDOK SAMPOT DI DESA LAWESAWAH KECAMATAN KLUET TIMUR KABUPATENACEH SELATAN (Rayhana Rizha, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy