//

PENGEMBANGAN SERIOUS GAME “MRG BRIDGE” SEBAGAI PENERAPAN DARI KONSEP EULERIAN CIRCUIT DENGAN TAMPILAN TEKNOLOGI GRAFIK 3D

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALINA DWI IKNATIA - Personal Name
SubjectCOMPUTER LANGUAGES
PROGRAMMING LANGUAGES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang proses perancangan dan pengembangan game tiga dimensi. Game ini terinspirasi dari konsep Eulerian Circuit yang dapat dibangun menjadi game bertipe serious di bidang matematika dan menerapkan konsep tersebut sebagai arena dan peraturannya. Aplikasi game MRG Bridge ini dirancang dalam tiga level dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, yang hanya dapat dimainkan pada penggunaan Personal Computer (PC) dan dengan satu pemain (single player). Game ini dibangun menggunakan game engine Unity 3D dan dengan bantuan software Blender, Adobe Photoshop dan Visual Studio Code untuk membangun sebagian asetnya. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam memberi perintah pada game ini adalah bahasa pemrograman C#. Metode perancangan aplikasi yang digu nakan pada pengembangan game ini adalah model waterfall. Game yang dihasilkan dari penelitian ini merupakan implementasi dari konsep Eulerian Circuit, dan dapat digunakan sebagai media untuk melatih kemahiran mahasiswa yang sedang/telah mengikuti mata kuliah teori graf. Kata Kunci: Game, serious game, Eulerian Circuit, game engine Unity, bahasa pemrograman C#. ABSTRACT This research is focusing about the process of constructing and developing a 3D game. This game is inspired by Eulerian Circuit's concept that can be build up into a serious game in mathematics and applied the concept itself as the arena and the rules. This MRG Bridge game is a single player Personal Computer (PC) game that has three stage with different difficulty level on each stage. This game is being built by using a game engine Unity 3D with the help of another software such as Blender, Adobe Photoshop, and Visual Studio Code for making some of its components. This game built up using C# as its programming language. This game is developed by using waterfall application development methodology. The game made from this research is an implementation of Eulerian Circuit's concept and can be used as a medium for training student proficiency whose already taken the class or still taking the Graph Theory class. Keyword: Game, serious game, Eulerian Circuit, game engine Unity, C# programming language.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

A CONTRASTIVE ANALYSIS OF AFFIXES BETWEEN ENGLISH AND GAYONESE (Wahyuni H, 2018)

MEDIA PEMBELAJARAN PENCARIAN EULERIAN CIRCUIT DAN HAMILTONIAN CYCLE PADA GRAF SEDERHANA (Reza Wafdan, 2014)

GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019)

AN ANALYSIS OF FIGURATIVE LANGUAGE IN RACHEL PLATTEN'S "WILDFIRE" SONG ALBUM (Riska Mentari, 2018)

STUDI PEMBUATAN GRAFIK BENTUK - BENTUK ARTISTIK DENGAN KOORDINAT KUTUB (wenny herliana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy