//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI DENGAN KEPATUHAN PERAWATAN LUKA DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safrina - Personal Name
SubjectMOTIVATION
DIABETES MELLITUS-MEDICINE
WOUNDS-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI xv + vi Bab + 58 Halaman + 12 Tabel + 1 Gambar + 11 Lampiran SAFRINA NIM. 10071001190039 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI DENGAN KEPATUHAN PERAWATAN LUKA DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Pencegahan dan penanganan komplikasi luka diabetik dengan melakukan diet dalam menangani obesitas, latihan secara tertatur, pengendalian kebiasaan merokok, pengunaan obat-obatan dan perawatan kaki pada luka (ganggren) diabetik. Penelitian ini bertujuan untuk menngidentifikasi pengaruh faktor instrumentalis,pengaruh faktor valensi, pengaruh faktor ekspentasi dengan kepatuhan perawatan luka diabetik di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zaionel Abidin Banda Aceh. Desain penelitian yang digunakan deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study, cara pengambilan sampel berdasarkan tekhnik purposive sampling, alat pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan pada 77 orang responden pada tanggal 17 - 25 Oktober 2012 di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zaionel Abidin Banda Aceh. Data diolah melalui proses editing, coding, transfering dan tabulating, kemudian dilakukan analisa univariat menggunakan rumus nilai rata-rata (x2), standar deviasi (SD) dan persentase (%). Selanjutnya dilakukan analisa bivariat dengan mengunakan uji statistik chi-square test (x2) dengan tabel kontigensi 2x2 pada tingkat kemaknaan ()=5%, melalui uji statistik didapatkan ada hubungan faktor instrumentalitas dengan kepatuhan perawatan luka diabetik dengan nilai nilai p-value 0,035  0,05, ada hubungan faktor valensi dengan kepatuhan perawatan luka diabetik dengan nilai nilai p-value 0,002  0,05 dan ada hubungan faktor ekspektansi dengan kepatuhan perawatan luka diabetik dengan nilai nilai p-value 0,015  0,05 . Kesimpulan hasil penelitian didapatkan bahwa setiap pasien luka diabetik mempunyai tingkat kepatuhan yang berbeda dalam melakukan perawatan luka diabetik, maka peneliti menyarankan kepada perawat agar dapat memberikan motivasi bagi pasien sehingga dapat memberikan kesembuhan dan mencegah komplikasi. Kata Kunci : Motivasi, kepatuhan, perawatan luka Daftar bacaan : 16 buku (2000-2010), 13 sumber internet

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI DENGAN KEPATUHAN PERAWATAN LUKA DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Safrina, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

GAMBARAN MOTIVASI PASIEN DIABETES MELLITUS TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN GANGREN RNDENGAN PERAWATAN KAKI DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DARA ANJALITA, 2015)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERAWATAN KAKIRNPADA PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK RNENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SRI MAWAR, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy