//

MOBILITAS SOSIAL PADA KELUARGA TRANSMIGRASI (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF DI KECAMATAN SINGKOHOR KABUPATEN ACEH SINGKIL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKIYAH FITRIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Salah satu tujuan dari transmigrasi adalah peningkatan taraf hidup. Peningkatan taraf hidup dapat terjadi dengan melakukan mobilitas sosial. Sebelum bertransmigrasi mayoritas transmigran adalah masyarakat dengan taraf hidup rendah. Setelah bertransmigrasi mobilitas sosial dapat terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan mobilitas sosial generasi pertama dan generasi kedua pada keluarga transmigrasi. Pertanyaan Penelitian: Bagaimana Mobilitas sosial yang terjadi pada generasi pertama dan generasi kedua keluarga transmigrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel diperoleh menggunakan teknik snowball. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Pitirim Sorokin mengenai saluran mobilitas sosial. Hasil penelitian menunjukkan.1) Mobilitas sosial dominan terjadi pada generasi kedua dibandingkan dengan generasi pertama. Hal ini terlihat dari tingkat pendidikan pada generasi pertama mayoritas adalah tamatan Perguruan Tinggi, pada generasi pertama mayoritasnya lulusan Sekolah Dasar. Kemudian di bidang pekerjaan pada generasi pertama sebelum bertransmigrasi mayoritas pekerjaannya sebagai buruh kasar (84,4%) setelah bertransmigrasi mayoritas pekerjaanya juga sama sebagai buruh kasar tetapi presentasenya menurun (81,3%), sedangkan pada generasi kedua sebelum bertrasnmigrasi yang bekerja sebagai buruh kasar sebanyak 71,9% setelah bertransmigrasi mayoritas bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Di bidang penghasilan pada generasi pertama mayoritas sebelum bertransmigrasi berpenghasilan bulanannya sebesar Rp.50.000-100.000 (78,1%), sedangkan setelah bertransmigrasi penghasilnya perbulan Rp. 2.000.000-3.000.000 (62%), pada generasi kedua sebelum bertransmigrasi mayoritas berpenghasilan Rp. 50.000-100.000 (78% ), setelah bertransmigrasi menjadi Rp.3.000.000-4.000.000 (53%). Kata kunci: mobilitas sosial, keluarga, transmigrasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOBILITAS SOSIAL PADA KELUARGA TRANSMIGRASI (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF DI KECAMATAN SINGKOHOR KABUPATEN ACEH SINGKIL) (RIZKIYAH FITRIANI, 2019)

WACANA PEMEKARAN DAERAH DI KABUPATEN ACEH SINGKIL ( STUDY KASUS PEMBENTUKAN KABUPATEN SINGKIL RAYA ) (RAHMAT HIDAYAT MUNANDAR, 2015)

PROFIL MASYARAKAT TRANSMIGRASI DI KECAMATAN ATU LINTANG KABUPATEN ACEH TENGAH (Puput Liyawati, 2017)

MOBILITAS SOSIAL PADA MASYARAKAT NELAYAN (STUDI DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN) (Masna, 2016)

MODAL SOSIAL MASYARAKAT TRANSMIGRASI PADA MASA KONFLIK DAN PASCA KONFLIK (STUDI KOMPARATIF DI GAMPONG JANTHO BARU KECAMATAN KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR) (NURSUSANTI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy