//

TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN STAF KANTOR SAR BANDA ACEH TERHADAP KESIAPSIAGAAN PENANGANAN KORBAN BANJIR DI PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mahrizal - Personal Name
SubjectEMERGENCY PLANNING
FLOOD CONTROL - SOCIAL SERVICES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penelitian ini membahas tingkat pengetahuan dan keterampilan staf Kantor SAR Banda Aceh terhadap kesiapsiagaan penanganan korban banjir di Aceh. Pengetahuan dan keterampilan merupakan faktor utama dan menjadi kunci untuk kesiapsiagaan staf SAR dalam melakukan tindakan pertolongan pada saat gawat darurat bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan staf Kantor SAR Banda Aceh terhadap kesiapsiagaan penanganan korban banjir di Provinsi Aceh. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini terdiri atas data primer (field research) dan data sekunder (library research). Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan keterampilan staf Kantor SAR Banda Aceh masih belum mencapai 50% memiliki tingkat pengetahuan yang baik. Masih dibutuhkan upaya-upaya strategis dan tugas besar bagi Kantor SAR Banda Aceh dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan stafnya terutama dalam memberikan upaya penyelamatan terhadap korban bencana bajir. Tingkat kesiapsiagaan staf Kantor SAR Banda Aceh di tinjau dari parameter pengetahuan dan keterampilan masuk kedalam kategori siap dengan nilai indeks kesiapsiagaan 67. Untuk itu dibutuhkan pelatihan/diklat operasi SAR yang memadai dengan kurikulum terintegrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan, Metode pelatihan/diklat bersifat partisipatif, aplikatif, dan praktikum lebih banyak dilakukan dengan perbandingan 20% teori dan 80% praktikum dimana diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan mempengaruhi attitude (sikap) dan pola pikir setiap staf Kantor SAR Banda Aceh. Kata Kunci : Pengetahuan, Keterampilan, Kesiapsiagaan, Search and Rescuer (SAR)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI BANJIR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN SERTA EFEKTIVITAS PENERAPAN PADA SISWA MA DARUL ULUM, BANDA ACEH (Halimatun Sakdiah, 2018)

ANALISIS TINGKAT KINERJA BPBD KABUPATEN PIDIE DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR (SYAWALUDDIN, 2016)

ANALISIS TINGKAT KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT (Saifuddin, 2015)

PENGETAHUAN DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PIDIE JAYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI RISIKO BANJIR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PIDIE JAYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN DALAM MENGHADAPI RISIKO BENCANA BANJIR (FAKHRURRAZI, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPSIAGAANRNBENCANA BANJIR DI GAMPONG GAROTRNKECAMATAN DARUL IMARAHRNACEH BESAR (DINDA NOVITA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy