//

STUDI PENGARUH PELETAKAN KRIB TIPE ZIG ZAG TERHADAP POLA ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH (DESA PANGO KEC.ULEE KARENG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SURYATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Besarnya kecepatan dibelokan bagian dalam sungai Krueng Aceh yang berjarak ± 100 meter dari Jembatan Pango mengakibatkan keruntuhan tebing sungai dan membahayakan fasilitas umum. Untuk itu diperlukan perencanaan bangunan pengaman tebing, salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan konstruksi krib. Hasil penelitian terdahulu krib zigzag mampu mendistribusikan sedimen disepanjang struktur dan waktu tempuh arus diperlambat. Penelitian ini melakukan simulasi kib tipe zigzag sebagai alternatif bentuk krib untuk diterapkan dilapangan. Tujuan penelitian adalah melihat pengaruh krib tipe zigzag terhadap pola aliran yang dilakukan dengan menggunakan program Surfacewater Modelling System (SMS) untuk mendapatkan formasi krib terbaik. Kalibrasi dilakukan dengan menentukan nilai kesalahan relatif dengan menggunakan data pengukuran kecepatan. Dalam penelitian ini menggunakan krib tipe zigzag dengan panjang 2,47 m, 3 formasi peletakan krib sudut tegak lurus,10o,20odan 30o condong ke hulu dan condong ke hilir serta 2 variasi jumlah yaitu seri 5 unit dan seri 3 unit. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa model RMA2 mendapatkan hasil yang mendekati nilai pengukuran, dimana nilai kesalahan relative yang diperoleh sebesar 7,74 % di cross 1 dan 6,27 % di cross 2. Hasil simulasi dari variasi sudut dapat dikaji bahwa semakin besar sudut peletakan krib terhadap garis tegak lurus aliran baik condong ke hulu maupun condong ke hilir menyebabkan luasan daerah rawan ke arah hilir semakin besar dan mempengaruhi kondisi seberang krib atau belokan luar sungai. Analisis kecepatan maksimum secara memanjang dengan jumlah 5 unit diperoleh bahwa kecepatan maksimum terjadi pada V3 sebesar 4,029 m/dtk terjadi pada formasi KRA5 (10o condong ke hilir 5 unit). Kecepatan maksimum dengan jumlah 3 unit pada V3 pada formasi KTA3 (tegak lurus 3 unit) sebesar 3,612 m/dtk. Jumlah krib yang dipasang juga berefek pada hasil simulasi pola aliran maka hasil kajian jumlah krib yang dipasang adalah seri 3 unit lebih baik dari pada seri 5 unit. Dari hasil analisis pola aliran menunjukkan bahwa formasi krib zigzag sudut 20o condong ke hulu yang berjumlah 3 unit krib memberikan efek yang baik dalam mengarahkan arus ke tengah aliran dan tidak berimbas ke tebing diseberangnya. Kata kunci : Formasi krib, Pola aliran sungai, Sudut Peletakan Terbaik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PELETAKAN KRIB TERHADAP POLA ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH PADA JEMBATAN PANGO (SARI REZEKI, 2019)

PENGARUH PILAR JEMBATAN PANGO TERHADAP POLA ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH (Teuku Devansyah Putra, 2017)

KAJIAN PERLETAKAN KRIB PADA ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH (Muhammad Sahriat Tanjung, 2016)

PERKEMBANGAN USAHA BUBUK KOPI MEREK ULEE KARENG DI DESA LAMGAPANG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR, 1960-2015 (Dewi Mentari, 2017)

KAJIAN JALUR EVAKUASI DAN TITIK EVAKUASI BENCANA GEMPABUMI BERPOTENSI TSUNAMI BERBASIS MASYARAKAT (STUDI KASUS KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH) (Sugeng Intoro, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy