//

TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MEMBENTUK PERILAKU ASERTIF SISWA SD

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EKAL FAUZAN LAHOYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ekal Fauzan Lahoya 2019: Teknik Role playing dalam Membentuk Perilaku Asertif Siswa SD. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Dahliana., M.Pd, Kons., (2) Nurbaity, S.Pd.,M.Ed Kata Kunci: Teknik Role playing, Perilaku Asertif Penelitian yang berjudul “Teknik Role playing dalam Membentuk Perilaku Asertif Siswa SD” yang bertujuan untuk melihat peningkatan perilaku asertif siswa SD Negeri 16 Kota Sabang, sebelum dan sesudah diberikan teknik Role playing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang memiliki perilaku asertif yang rendah. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Data penelitian kemudian diukur dengan mewaancarai guru yang bersangkutan, seperti guru wali kelas berserta guru umum. Hasil data menunjukkan tingkat keterampilan perilaku asertif siswa mengalami peningkatan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik Role playing pada siklus I, terdapat perubahan perilaku asertif pada siswa sedikit demi sedikit, kemudian data pada siklus II di dapati bahwa siswa benar adanya terjadi perubahan yang sangat signifikan dalam perilaku asertif, siswa paham akan bagaimana cara bersikap jujur, menghargai orang lain, berpikir positif, mengungkapkan gagasan atau ide yang ada dalam pikirannya, dapat mempertahankan sesuatu yang dimilikinya, dan dapat mengungkapkan ketidaksenangan serta kemarahan yang dirasakannya dengan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan perilaku asertif siswa ketika sebelum dan sesudah diberikannya tindakan. Artinya, teknik role playing dapat meningkatkan perilaku asertif siswa melalui bimbingan kelompok. Berdasarkan data observasi menunjukkan peningkatan perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah diberikan tindakan, terlihat siswa sudah mulai bias berinteraksi secara jujur, menghargai pendapat orang lain, memahami akan perbuatannya, mengeluarkan ide dengan baik, dan mampu mempertahankan sesuatu yang dimilikinya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF ROLE PLAYING TECHNIQUE IN TEACHING SPEAKING (Rizki Yuliana, 2016)

PENERAPAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Aulia Khairani, 2017)

HUBUNGAN MOTIF AFILIASI DENGAN PERILAKU ASERTIF SISWA (PENELITIAN DILAKUKAN DI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH) (Zulhamdi, 2018)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATERI PERJUANGAN MENCAPAI KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 46 RNBANDA ACEH (NURUL FADHILLA, 2015)

PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA SMAN 5 BANDA ACEH (Dinar Chairani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy