//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN TRAVEL COST METHOD

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosminiati - Personal Name
SubjectTOURISM - INDUSTRY
COSTS - ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN TRAVEL COST METHOD Nama : Rosminiati NIM : 1109200010030 Pembimbing: 1. Prof. Dr. Abubakar Hamzah 2. Dr. Sofyan Syahnur, M.Si ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara serta mengukur nilai kesediaan membayar atau willingness to pay atas manfaat objek wisata di Kota Banda Aceh dengan menggunakan pendekatan Travel Cost Method. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara non-probability sampling, didapatkan wisatawan nusantara sebanyak 30 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 30 orang, dengan metode analisis ordinary least square (OLS). Data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh serta literatur study lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada wisatawan nusantara, variabel bebas atas biaya perjalanan, biaya alternatif, biaya waktu, dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap jumlah kunjungan wisatawan nusantara dengan nilai R² sebesar 0.690. Pada wisatawan mancanegara, variabel bebas atas biaya perjalanan, biaya alternatif, dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap jumlah kunjungannya, sedangkan biaya waktu tidak berpengaruh dengan nilai R² 0.693. Nilai rata-rata WTP wisatawan mancanegara lebih besar dibandingkan dengan wisatawan nusantara, yaitu wisatawan nusantara dengan WTP sebesar 4.000.000 rupiah sedangkan wisatawan mancanegara adalah sebesar 217.000.000 rupiah. Mengingat besarnya kontribusi pariwisata bagi kondisi perekonomian Indonesia khususnya Aceh, maka pemerintah seharusnya menjaga dan memperhatikan kondisi dari objek-objek wisata serta meningkatkan fasilitas wisata agar wisatawan mencapai tingkat kepuasan maksimum sehingga akan meningkatkan nilai WTP. ata Kunci: Kesediaan Membayar, Wisatawan Nusantara, Wisatawan Mancanegara, Travel Cost Method

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESEDIAAN PENGUNJUNG UNTUK MEMBAYAR RETRIBUSI OBJEK WISATA DI KOTA BANDA ACEH (Hisan, 2014)

VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA AIR TERJUN TINGKAT TUJUH DI KOTA TAPAKTUAN ACEH SELATANRN(PENDEKATAN TRAVEL COST) (FITRI MULYANA, 2014)

ANALISIS WILLINGNESS TO PAY MASYARAKAT UNTUK PENINGKATAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH (Yuly Arnita, 2018)

ANALISIS PENGARUH JUMLAH WISATAWAN, JUMLAH OBJEK WISATA DAN JUMLAH HOTEL TERHADAP PENERIMAAN SEKTOR PARIWISATA DI KOTA BANDA ACEH (Maya Carlina, 2016)

WILLINGNESS TO PAY KUALITAS UDARA BERSIH DI KOTA BANDA ACEH (MUAZZINAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy