//

PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAKIYATURRIDHA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zakiyaturridha. 2019. Prevalensi Nematoda Gastrointestinal pada Feses Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Abdullah, M. Si., (2) Iswadi, S.Pd., M. Si. Kata Kunci: Prevalensi, Nematoda Gastrointestinal, Gajah Sumatera. Salah satu penyakit yang sering menyerang gajah yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit. Parasit dalam hal ini adalah parasit pada bagian gastrointestinal. Parasit gastrointestinal ini dapat mengganggu kesehatan induk semang. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Agustus sampai dengan September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana prevalensi nematoda gastrointestinal pada feses Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree Kabupaten Aceh Besar. Parameter Penelitian adalah keberadaan telur cacing dari parasit nematoda pada feses gajah. Perhitugan prevalensi pada Gajah Sumatera dihitung menggunakan metode McMaster dan menggunakan metode apung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prevalensi nematoda gastrointestinal pada Gajah Sumatera di PKG Saree adalah 100% dengan tingkat intensitas infeksi parasit ringan. Hal ini dikarenakan pengaruh pemberian obat cacing yang telah diberikan pada gajah dua bulan sebelum penelitian dilakukan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMERIKSAAN KEBERADAAN TELUR DAN LARVA NEMATODA PASCA PEMBERIAN ANTHELMINTIK PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) SAMPOINIET ACEH JAYA (Syafriza Harlianda, 2017)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE ACEH BESAR (Fadli Amri, 2017)

KADAR HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE, ACEH BESAR (ayu andella agustina, 2016)

PENANGANAN PAPILLOMA DENGAN METODE KAUTERISASI PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS LAMPUNG (FERNANDO JOSE IMMANUEL CLINTON SITUMORANG, 2018)

DETEKSI KETON URIN GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) MENGGUNAKAN STRIP TEST DI PUSAT LATIHAN GAJAH SAREE ACEH BESAR (ERWANDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy