//

ISOLASI CANDIDA SP. DAN ASPERGILLUS SP. PADA TEMBOLOK (INGLUVIENS) AYAM RAS (BROILER) DAN AYAM BURAS (BUKAN RAS) DI PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI WAHYULI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ISOLASI Candida sp. DAN Aspergillus sp. PADA TEMBOLOK (INGLUVIENS) AYAM RAS (BROILER) DAN AYAM BURAS (BUKAN RAS) DI PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengisolasi Candida sp. dan Aspergillus sp. pada tembolok ayam ras dan buras. Sampel dalam penelitian ini adalah tembolok ayam ras dan buras masing-masing berjumlah 15 sampel yang diambil secara acak dari tempat pemotongan unggas Peunayong Banda Aceh. Isolasi Candida sp. dan Aspergillus sp. dilakukan sesuai dengan metode Thompson (1969). Sampel dicuci dengan aquades steril yang diberi antibiotik selanjutnya ditanamkan pada media Sabouraud’s Dextrose Agar (SDA) kemudian diinkubasikan pada suhu kamar selama 2-7 hari. Pengamatan morfologi Candida sp. dan Aspergillus sp. diamati secara makroskopis. Koloni yang diduga Candida sp. dan Aspergillus sp. diperiksa secara mikroskopis. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Candida sp. dapat diisolasi pada semua sampel (100%) tembolok ayam ras dan ayam buras. Aspergillus sp. dapat diisolasi pada 2 dari 15 (13,33%) sampel tembolok ayam ras dan 6 dari 15 (40%) sampel tembolok ayam buras. Kesimpulan penelitian ini adalah Candida sp. tidak ada perbedaan pada tembolok ayam ras dan ayam buras sedangkan Aspergillus sp. pada tembolok ayam buras lebih banyak dari pada ayam ras. Kata kunci : ayam ras, ayam buras, tembolok, Candida sp., Aspergillus sp.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI CANDIDA SP PADA TEMBOLOK AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) DAN ITIK (ANAS PLATYRHYNCHOS DOMESTICUS) (NUR RAHMI, 2019)

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA DAGING AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Rizki Wulandari, 2015)

ISOLASI ASPERGILLUS SP. PADA PARU-PARU AYAM BROILER ISOLATION OF ASPERGILLUS SP. FROM THE LUNG OF BROILER CHIKENS (Ananda Putri Lestari Harahap, 2018)

ISOLASI ASPERGILLUS SP PADA PARU-PARU AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) (Nisma Hayani, 2017)

GAMBARAN HISTOLOGI KELENJAR TEMBOLOK AYAM KAMPUNG, BEBEK, DAN MERPATI (Firda Muharrami, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy