//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA YANG MENGALAMI GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDA RAYA BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIRANDA ZUARNA - Personal Name
SubjectMENTAL DISORDERS - NURSING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI xiii + VI Bab + 91Halaman + 16 Tabel + 1 Skema + 15Lampiran MIRANDA ZUARNA 1007101190004 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA YANG MENGALAMI GANGGUAN JIWA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANDA RAYA BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Rendahnya peran keluarga dalam merawat anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa dipicu oleh rendahnya motivasi. Motivasi ini dipengaruhi oleh umur, pendidikan, pengalaman, spiritual, dukungan keluarga dan social ekonomi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi keluarga dalam merawat anggota keluarga yang mengalami gangguanj iwa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif koleratif dengan desain cross sectional study, alat pengumpulan data kuesioner dengan cara wawancara terpimpin, pada 81 keluarga (care giver) sampel. Analisa data menggunakanuji chi-squere, menggunakan soft ware komputer. Hasil analisa data didapatkan ada hubungan antara umur (p-value: 0.010), pendidikan (p-value:0.031), pengalaman (p-value:0.000), spiritual (p-value: 0.009), dukungankeluarga (p-value:0.018), sosialekonomi (p-value:0.031), factor mempengaruhi motivasi (p-value:0.004) dengan motivasi keluarga dalam merawat gangguan jiwa. Hasil penelitian diketahui ada hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi keluarga dalam merawat anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa di wilayah kerja Puskesmas Banda Raya Banda Aceh tahun 2012. Diharap kepada perawat agar dapat memberikan penyuluhan kepada keluarga terkait dalam merawa tanggota keluarga yang mengalamigangguanjiwa. Kata Kunci : faktor-faktor motivasi, keluarga merawat, gangguan jiwa. Daftarbacaan : 39 buku (2000 – 2012), 7 jurnal (2002 & 2012), 5 internet

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN KELUARGA DALAM MERAWAT KLIEN SKIZOFRENIA DI KECAMATAN BATOH KOTA BANDA ACEH (Cut Dian Sukma Sari, 2018)

GAMBARAN TUGAS CAREGIVER DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI: HALUSINASI (Cut Rita Maharani Deski, 2018)

FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU MEMBAWA BALITA KE POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2012 (RITA JUMIATI, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERAWATAN PASIEN GANGGUAN JIWA DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2016 (Nirwan, 2016)

GAMBARAN POTENSIAL KEKAMBUHAN KLIEN GANGGUAN JIWA DITINJAU DARI MANAJEMEN PEMBERIAN OBAT KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2012 (DENI WAHYUNI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy