//

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN PENCAMPURAN WARNA DASAR DARI MEDIA BAHAN ALAM DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DIAN ANGGRAINI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Anggraini, Dian. 2019. Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Dasar Dari Media Bahan Alam di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Amsal Amri, M.Pd (2) Saptiani, M.Pd.I Kata Kunci: Kreativitas, Pencampuran Warna, Media Bahan Alam, Anak Usia Dini Masalah pada TK IT Mon Kuta Banda Aceh, anak masih kurang kreatif dalam menghasilkan warna dari media bahan alam. Seharusnya pada usia 5-6 tahun anak sudah bisa menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah berupa ide dan gagasan yang berada di luar kebiasaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak melalui kegiatan pencampuran warna dasar dari media bahan alam. Bahan alam yang dimaksud dalam penelitian ini seperti: kunyit dapat menghasilkan warna kuning, bunga belimbing menghasilkan warna merah dan kol ungu menghasilkan warna biru. Kuning campur biru menghasilkan warna hijau, kuning campur merah menghasilkan warna jingga dan merah campur biru menghasilkan warna ungu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, pada pertemuan pertama nilai rata-rata keseluruhan anak 20,28 (39%), pada pertemuan kedua kreativitas anak meningkat dengan nila rata-rata 31,38 (60%), dan pada pertemuan ketiga menjadi 46,36 (89%). Disimpulkan bahwa melalui kegiatan pencampuran warna dasar dari media bahan alam dapat mengembangkan kreativitas anak di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Saran pada guru agar dapat mengembangkan inovasi strategi pembelajaran terutama dalam hal proses mengembangkan kreativitas anak dengan menggunakan media bahan alam yang dekat dengan lingkungan anak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK MELALUI KREATIVITAS PENCAMPURAN WARNA PADA TK IT AL-AZHAR BANDA ACEH (NOVITA FANNY, 2016)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN ALAM DI TK DARMA WANITA ACEH SINGKIL (Khairiah, 2018)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Khairatul Husna, 2019)

PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DENGAN MEDIA KERTAS PADA KELOMPOK B 1 TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (Nadya Rizky, 2016)

PERKEMBANGAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL WARNA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN METODE EKSPERIMEN DI TK DARUR RAHMAN GAMPONG CEURIH, KECAMATAN ULEE KARENG,KOTA BANDA ACEH (MIRNAZELLI QALISHA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy