//

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI SD NEGERI 51 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. RIZKI HARISANDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Harisandi, M, Rizki, 2019. Strategi Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Audio Visual di SD Negeri 51 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Mislinawati, S. Pd.I, M. Pd (2) Nurmasyitah, S.Pd, M. Ed Kata Kunci: Strategi Guru, Media Audio Visual Media Audio visual merupakan alat bantu yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan berkaitan dengan pengetahuan, sikap, dan ide. Adapun rumusan masalah daplam penelitian ini Bagaimana strategi dan apasaja kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan media pembelajaran audio visual di SDN 51 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan media pembelajaran audio visual di SDN 51 Banda Aceh, untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan media pembelajaran audio visual di SDN 51 Banda Aceh . Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 orang guru kelas di SD Negeri 51 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menerapkan beberapa strategi dalam mengembangkan media pembelajran audio visual di SDN 51 Banda Aceh, yaitu memilih media yang paling sesuai dengan materi, media yang digunakan mudah dimengerti oleh siswa, durasi video atau film singkat agar tidak menghabiskan waktu yang lebih lama dan mengkombinasikan penggunaan media audio visual dengan metode pembelajaran lainnya, seperti metode diskusi, metode tanya jawab dan juga metode ceramah maupun pendekatan saintifik yang sering digunakan dalam pembelajaran kurikulum 2013. Guru menghadapi kendala dalam mengembangkan media pembelajaran audio visual seperti kesulitan dalam mendapatkan video atau film. Guru terkendala dalam mengakses video yang paling sesuai dengan materi. Siswa lebih suka menonton video atau film dari pada memperhatikan materi pelajaran. Sehingga siswa meminta guru untuk memutar kembali video atau film yang telah ditonton dan guru juga kesulitan dalam mendapatkan video yang sesuai dengan durasi yang diinginkan. Simpulan dari penelitian adalah bahwa guru menggunakan strategi dalam mengembangkan media audio visual dengan mengkombinasikannya dengan metode pembelajaran lainnya seperti diskusi, tanya jawab maupun saintifik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DI SD NEGERI 51 BANDA ACEH (M. RIZKI HARISANDI, 2019)

MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN (PENELITIAN PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI DALAM WILAYAH KOTA BANDA ACEH) (Putra Setiawan, 2018)

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS KEMBALI TEKS CERITA FABEL DI KELAS VIII-1 SMP NEGERI 11 KOTA BANDA ACEH (Muhammad Wahyu Ikhsan, 2018)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Santi hartina, 2014)

KENDALA GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 11 KOTA SABANG (Irfandy, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy