//

PRODUKSI DAN PENDAPATAN KEBUN KOPI ARABIKA VARIETAS P – 88 DI KEBUN PERCOBAAN (KP) GAYO DESA PONDOK GAJAH KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DODI ALFAYAT - Personal Name

Abstrak/Catatan

DODI ALFAYAT “Production and Income of Coffe Farming of Variety P – 88 at Pilot Farm of Pondok Gajah Village in Bandar Sub-district, Bener Meriah Regensy” Under the supervision of Mr. Akhmad Baihaqi, SP. MMA RINGKASAN Kopi arabika (Coffea Arabica. L) merupakan tanaman perkebunan rakyat dan menjadi komoditi keunggulan di Daratan Tinggi Gayo. Kopi di Daratan Tinggi Gayo didominasi oleh tanaman kopi dengan varietas antara lain Gayo 1, Gayo 2 dan P – 88. Kopi arabika varietas P – 88 adalah salah satu varietas unggulan di Daratan Tinggi gayo yang berasal dari keturunan Catimor koleksi introduksi yang berasal dari Thailand dengan keunggulan tahan terhadap hama dan penyakit. Kebun Percobaan (KP) Gayo membudidayakan tanaman kopi varietas P – 88 seluas 1,5 hektar dengan jumlah batang 1.585 pohon kopi. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mengetahui jumlah produksi dan jumlah pendapatan dari kebun kopi varietas P – 88 di Kebun Percobaan (KP) Gayo. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, data primer diperoleh melalui observasi lapangan di Kebun Percobaan (KP) Gayo, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan lembaga terkait. Model analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Analisis produksi dengan pengumpulan data lapangan. Analisis pendapatan, dengan menggunakan analisis pendapatan dari Soekartawi (1990). Hasil dari tugas akhir adalah rata – rata produksi dalam 1,5 Ha kebun kopi varietas P – 88 adalah 1.200 kg/ tahun gelondong merah dengan frekuensi pemanenan dimulai pada bulan Januari – Maret dan Oktober – Desember, panen raya terjadi pada bulan Maret dan Desember. Total biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp 8.800.000/ tahun yang meliputi biaya variabel dan biaya tetap. Harga jual gelondong merah kopi arabika mencapai Rp 12.000/ kg maka jumlah pendapatan yang diperoleh dan kebun kopi ini adalah sebesar Rp 14.400.000,-/ 1,5 Ha/ tahun.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN USAHA BUBUK KOPI ARABIKA SPECIALTY DI CV. GAYO MANDIRI COFFEE DESA PONDOK GAJAH KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (HIZRIN ELDIN, 2019)

ANALISA KELAYAKAN INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO DENGAN PENDEKATAN EKONOMI TEKNIK DI KABUPATEN BENER MERIAH (Mirza Saputra, 2017)

STRATEGI PEMASARAN GREEN BEAN KOPI ARABIKA DI CV. GAYO MANDIRI COFFE DESA PONDOK GAJAH KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (FIKRI YUMANSYAH, 2019)

INDEKS TENAGA KERJA PADA TANAMAN MENGHASILKAN KOPI ARABIKA DI KEBUN PERCOBAAN (KP) GAYO BPTP ACEH KABUPATEN BENER MERIAH PROVINSI ACEH (GUSTIA NIZAR, 2019)

ANALISIS ALOKASI WAKTU KERJA DAN KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN BURUH TANI KOPI DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (Nurazizah Muchtar, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy