//

GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 2 SEUNAGAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUSLIADI - Personal Name
SubjectTEACHERS - PERFORMANCE
LEADERSHIP - SCHOOLS
PRINCIPALS (SCHOOL) - ROLE AND FUNCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SMA NEGERI 2 SEUNAGAN Oleh : Musliadi NPM : 1509200050007 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. ABSTRAK Kepemimpinan adalah kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain agar dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan suka rela, penuh semangat dan motivasi tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan kemajuan pendidikan di lingkungan sekolah. Dimana keberhasilan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan merupakan keberhasilan kepala sekolah dan guru dalam memainkan peranannya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh Guru di SMA Negeri 2 Seunagan. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Dalam kepemimpinannya Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Seunagan dalam meningkatkan kinerja guru menggunakan gaya kepemimpinan Demokratis, yaitu dengan melakukan beberapa cara diantaranya: menganggap guru/pegawai sebagai partner yang sama-sama harus diberikan peluang untuk meningkatkan profesionalismenya, senang menerima saran dan kritik dari bawahan, mengkomunikasikan kebijakan dan masalah secara bersama, menaruh kepercayaan pada bawahan, membangun tim kerja secara kekeluargaan dan membangun gairah kerja; (2) Kepala sekolah melakukan beberapa langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja guru yaitu: kepala sekolah bertindak sebagai motivator, Kepala sekolah menyediakan fasilitas penunjang, serta mengajukan tunjangan kesejahteraan guru; dan (3) Kepala sekolah melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan kinerja guru yaitu Evaluasi diri Sekolah dan merencanakan peningkatan mutu guru dalam rangka peningkatan kinerja guru. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Motivasi, dan Kinerja guru

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU SDN 69 BANDA ACEH (ELIDAYATI, 2018)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU PADA RNSD NEGERI LAMBARO ANGAN (SITI NURBAYA M. ALI, 2014)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 WIH PESAM BENER MERIAH (Hasan Munir, 2018)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 2 BANDA ACEH (Safrida, 2014)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI 16 BANDA ACEH (IRAWATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy