//

KOMUNIKASI PERSUASIF PEMBINAAN MUALLAF OLEH DINAS SYARI’AT ISLAM KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kasiman Anuar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Komunikasi Persuasif Pembinaan Muallaf Oleh Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh” bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh dalam memberikan pembinaan bagi muallaf dan kendala komunikasi persuasif pembinaan muallaf oleh Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek penelitian ini ialah pihak Dinas Syari’at Islam 5 orang dan muallaf 3 orang. Objek kajiannya pola komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh dalam memberikan pembinaan bagi muallaf. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pola komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh dalam memberikan pembinaan bagi muallaf dengan cara memberikan ceramah dan konsultasi oleh da’i dan pemateri Pesan yang disampaikan berisikan ajaran agama seperti cara membaca Al-Qur’an, ilmu tauhid, fiqh dan ahklak yang baik. Penyampaian pesan dibantu dengan media sarana prasarana seperti infokus serta melalui media sosial. Dengan adanya pembinaan ini telah membuat para muallaf mengetahui berbagai pengetahuan Islam sehingga maullaf bisa melakukan ibadah sesuai anjuran agama Islam. Dalam memberikan pembinaan kepada muallaf melalui komunikasi persuasif terdapat beberapa kendala Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh seperti masih minimnya minat muallaf untuk mengikuti pembinaan, kesibukan muallaf dengan pekerjaannya, perbedaan etnis dikalangan muallaf serta belum adanya sarana pendukung seperti transportasi dan buku panduan yang standar bagi muallaf yang diterbikan oleh Dinas Syari’at Islam Kota Banda Aceh. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Pembinaan, Muallaf, Dinas Syari’at Islam.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DINAS KESEHATAN KOTA BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN REMAJA TENTANG BAHAYA MEROKOK (Yuyun Rasulindra, 2017)

PUSAT PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MUALLAF ACEH (khairunnisa, 2014)

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS SYARIAT ISLAM KOTA BANDA ACEH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN QANUN HUKUM JINAYAT (REDHA PURNAMA, 2016)

ANALISIS PERSUASIF DALAM KOMUNIKASI PEDAGANG OBAT KELILING DI KOTA LANGSA (Rahmi Dwi Hidayanti, 2017)

IMPLEMENTASI TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF DINAS SOSIAL KOTA BANDA ACEH DALAM PEMBINAAN PENGEMIS (CUT AYU FELIA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy