//

PERSIAPAN DAN PENANGANAN PASCA OPERASI OVARIOHISTEREKTOMI PADA KUCING DI JIEMI CAT HOUSE BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISKIADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Persiapan dan Penanganan Pasca Operasi Ovariohisterektomi pada Kucing di Jiemi Cat House Banda Aceh Tugas Akhir ini disusun berdasarkan serangkaian kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan pada tanggal 31 Januari sampai 30 Maret 2017 pada Jieme Cat House Jalan Pocut Baren, Banda Aceh. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui cara persiapan dan penanganan pasca operasi Ovariohisterektomi (OH) pada kucing. Manfaat yang dapat diperoleh dari PKL ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan serta pengalaman dalam melakukan persiapan dan penanganan pasca Operasi OH pada kucing. Ovariohisterektomi adalah tindakan mengangkat, mengeluarkan dan menghilangkan ovarium dari rongga abdomen, sedangkan histerektomi adalah tindakan mengangkat, mengeluarkan dan menghilangkan uterus dari rongga abdomen. Hal ini dilakukan pada kasus-kasus pyometra, metritis dan salfingitis. Persiapan sebelum operasi meliputi hewan dipuasakan 6-8 jam untuk menghindari refleks nampak dan dilakukan proses pemeriksaan fisik, selajutnya diberikan pre-anestesi. Kemudian anestesi dilakukan dengan menyuntikkan anestetikum secara subkutan. Setelah dilakukan pencukuran bulu 5-10 cm di sekitar bidang yang akan disayat, kemudian dicuci dengan air sabun dan dikeringkan dengan handuk. Setelah itu dioleskan alkohol 70% dan providone iodine pada daerah bidang yang akan disayat. Perawatan setelah operasi meliputi pemberian nutrisi yang cukup, obat-obatan untuk membantu proses penyembuhan luka, dan untuk mencegah munculnya infeksi sekunder seperti antibiotik untuk inflamasi. Selain itu kebersihan terhadap hewan harus tetap dijaga, mengingat luka operasi sangat mudah untuk dimasuki oleh agen infeksi dan luka harus dijaga agar selalu kering. Kata Kunci : Ovariohisterektomi, persiapan, penanganan, kucing.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAWATAN PASKA OPERASI PADA KASUS OVARIOHISTEREKTOMI PADA KUCING DOMESTIK (ALFIN ARIPUTRA, 2018)

PERSIAPAN DAN PERAWATAN OPERASI HERNIA ABDOMINALIS PADA KUCING DOMESTIK (FADLY WAHID, 2018)

PENANGANAN GIARDIASIS PADA KUCING DI KLINIK ELDORA MEDAN (CUT EVI ORIZA S, 2018)

TEKNIK PERAWATAN PASCA OPERASI PROLAPSUS BULBUS OCULI PADA KUCING (FITRI ANGGRIANI, 2018)

PENGARUH KETAMIN-XYLAZIN TERHADAP ONSET DAN SEDASI KUCING LOKAL (FELIS DOMESTICA) YANG DIOVARIOHISTEREKTOMI (MEUTIA CHAIRUNISA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy