//

PERBANDINGAN PENYERAPAN KARBON DIOKSIDA (CO2) DARI KELOMPOK TUMBUHAN BERDAUN TUNGGAL DAN MAJEMUK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rayhannisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang perbandingan penyerapan karbon dioksida (CO2) dari kelompok tumbuhan berdaun tunggal dan majemuk telah dilakukan pada bulan Juni 2017 sampai Mei 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelompok tumbuhan dari jenis yang diteliti yang paling efektif dalam menyerap karbon dioksida. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dengan dua pembeda, yaitu daun tunggal dan daun majemuk. Parameter yang digunakan pada penelitian ini adalah luas daun, jumlah stomata, dan kadar karbohidrat. Hasil penelitian menunjukkan tumbuhan yang memiliki daya serap karbon dioksida tertinggi adalah Azadirachta indica dan yang terendah adalah Pterocarpus indicus. Perbedaan kelompok daun tidak menentukan jumlah serapan karbon dioksida, namun diduga interaksi dari jumlah stomata, luas daun, dan kadar karbohidrat dapat mempengaruhi serapan karbon dioksida. Tipe stomata dapat mempengaruhi jumlah stomata pada suatu daun. Luas permukaan daun tidak berbanding lurus dengan jumlah stomata yang terdapat pada daun. Jumlah serapan karbon dioksida tidak dipengaruhi oleh kelompok berdaun tunggal atau berdaun majemuk. Kata kunci: karbon dioksida, daun tunggal, daun majemuk.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENYERAPAN KARBON DIOKSIDA PADA TUJUH JENIS TANAMAN DI HUTAN KOTA BNI, TIBANG, BANDA ACEH (MALAHAYATI, 2018)

DUGAAN SERAPAN KARBON PADA VEGETASI MANGROVE, DI KAWASAN MANGROVE DESA BEUREUNUT, KECAMATAN SEULIMUM, KABUPATEN ACEH BESAR (Crisna Akbar, 2015)

DUGAAN SERAPAN KARBON PADA VEGETASI MANGROVE DI KAWASAN MANGROVE GAMPONG IBOIH, KECAMATAN SUKAKARYA, KOTA SABANG (Meivi Iswandar, 2017)

KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGURANGAN GAS EMISI CO2 DENGAN TEKNOLOGI BIOSPHERE (Dedy Arithama, 2015)

KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI TANAH BERPASIR DI DESA PAYA KECAMATAN SUKAJAYA SABANG DAN DESA ALUE NAGA KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH (MUSTAFA AL BAKRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy