//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUAL (SAVI) DENGAN MEDIA FILM TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KEKLAS XI IPS SMA N 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AYU SAFARENA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Proses belajar dengan model pembelajaran Somatic Auditory Visusalization (SAVI) dengan media film merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan seluruh indera dengan gerakan fisik, melihat, mendengar, dan memecahkan masalah. Pemilihan media film dapat membantu model pembelajaran SAVI lebih efektif. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectual (SAVI) dengan Media Film Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA N 5 Banda Aceh” ini bertujuan untuk: (1) untuk menganalisis pengaruh dari model pembelajaran SAVI dengan media film terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA N 5 Banda Aceh; dan (2) untuk menjelaskan faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar sejarah siswa dengan menggunakan model SAVI dengan media film di kelas XI SMA N 5 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMA N 5 yang berjumlah 74 siswa dan terdiri dari 3 kelas, dan sampel yang digunakan ialah kelas XI IPS2 yang terdiri 20 siswa dan XI IPS3 yang terdiri dari 20 siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran SAVI dengan media film berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI SMA N 5 Banda Aceh. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan analisis uji-t diperoleh nilai pada taraf 5% (α=0,05) diperoleh thitung = 3,79 pada taraf signifikan (α=0,05) dan peluang (1-α), t(0,95)(27) = 2,02 dengan dk = 38 – 1 = 37. Karena 3,79 > 2,02 maka, H0 ditolak dan H1 diterima. Faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dengan media film adalah siwa dapat memahami materi pemebelajaran sejarah lebih baik dengan melihat peristiwa sejarah secara lebih nyata dengan adanya film. Proses pembelajaran yang memanfaatkan model pemebelajaran SAVI dengan media film dapat meningkatkan minat dan motifasi siswa dalam mempelajari sejarah, hal ini dikarenakan pemanfaatan seluruh indera dalam proses pemebelajaran dan menjadi lebih efektif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA EDUCATION CARD TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Wiranda Sari, 2017)

KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI PENDEKATAN SAVI DI KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Debby Octavia, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Mohd. Reza Pahlevi, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANAN SISWA KELAS VIII-10 MTSN 1 BANDA ACEH (Hayatul Husna, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISAWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMPN 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN. (Irvan Fadli, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy