//

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU PADA SMA NEGERI 2 INDRA JAYA KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD ZAINI - Personal Name
SubjectPRINCIPAL (SCHOOL) - ROLE AND FUNCTION
PERFORMANCE RATING - PERSONNEL MANAGEMEN
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU PADA SMA NEGERI 2 INDRA JAYA KABUPATEN PIDIE Oleh : Muhammad Zaini NPM : 1509200050050 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Bahrun, M. Pd. ABSTRAK Kepala sekolah merupakan pimpinan lembaga pendidikan yang mempengaruhi peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perencanaan program, pelaksanaan program, pengawasan, dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru pada SMA Negeri 2 Indra Jaya Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penyusunan program peningkatan mutu pembelajaran guru dilakukan pada setiap akhir tahun pelajaran yang meliputi kegiatan intra dan ekstrakurikuler, perbaikan sarana dan prasarana sekolah, menyusun perangkat pembelajaran oleh guru dan lain-lain yang dianggap perlu, termasuk kebutuhan dana yang diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar; (2) Pelaksanaan program peningkatan mutu pembelajaran guru kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis. Menghadapi guru-guru biasanya kepala sekolah kepala sekolah bertukar pikiran dengan guru-guru sehingga menemukan satu cara efektif untuk meningkatkan kinerja guru guru dalam pengembangan proses pembelajaran; (3) Pengawasan dilakukan kepala sekolah dengan intensif terhadap guru-guru dalam melaksanakan tugasnya, tujuannya mutu pembelajaran dapat meningkat; dan (4) Hambatan yang ditemui kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru antara lain kurangnya tersedianya dana untuk pelatihan guru di luar jam dinas, masih ada sebagian kecil guru tidak aktif dan hasil penataran belum mampu mengimbas kepada temannya. Sebagian kecil guru belum mampu dalam penguasaan landasan kependidikan, sehingga berdampak terhadap kinerjanya dalam melaksanakan pembelajaran. Kata Kunci: Kompetensi Manajerial dan Mutu Pembelajaran

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SMP TERPENCIL NEGERI 3 BANDAR BARU PIDIE JAYA (Fitriliana, 2017)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN MALAHAYATI ACEH DAN SEKOLAH USAHA PERIKANAN MENENGAH NEGERI LADONG ACEH (MUHAMMAD SAPRIL SIREGAR, 2018)

SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 SIMPANG KEURAMAT KABUPATEN ACEH UTARA (MURDANI, 2014)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH PADA SMP UNGGUL PIDIE JAYA (HUSNA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy