//

PENENTUAN SKALA PRIORITAS PENANGANAN JALAN KABUPATEN PIDIE MENGGUNAKAN METODE ANALISIS MULTI KRITERIA (AMK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang THANTAWI - Personal Name
SubjectROADS - ENGINEERING
HIGHWAYS - ENGINEERING
ROADS - MAINTENANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

PENENTUAN SKALA PRIORITAS PENANGANAN JALAN KABUPATEN PIDIE MENGGUNAKAN METODE ANALISIS MULTI KRITERIA (AMK) Oleh: Thantawi 1409200060049 Pembimbing: 1. Dr. Ir. M. Isya, MT 2. Dr. Eng. Sugiarto, ST, M.Eng ABSTRAK Kabupaten Pidie memiliki panjang jalan kabupaten 1.015 Km dan terbagi dalam 445 ruas jalan. Adanya keterbatasan dana menyulitkan dalam menentukan prioritas penanganan jalan, maka perlu mengkaji metode penetapan prioritas penanganan jalan sesuai kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bobot kriteria berdasarkan persepsi tingkat kepentingan antar kriteria menggunakan 15 responden pemangku kepentingan dan untuk menentukan urutan prioritas penanganan infrastruktur jalan di Kabupaten Pidie akibat terbatasnya kemampuan pendanaan pada Pemerintah Kabupaten Pidie menggunakan metode Analisis Multi Kriteria (AMK) dengan menjadikan nilai pemerataan aksesibilitas, pengembangan wilayah, pengembangan sektor ekonomi, aspek biaya, dampak lingkungan dan kerusakan jalan sebagai kriteria pilihan. Hasil penelitian ini adalah kriteria kerusakan jalan mendapat bobot paling tinggi yaitu 0,197, kemudian kriteria dampak lingkungan 0,19, kriteria pengembangan ekonomi 0,184, kriteria pemerataan aksesibilitas 0,152, kriteria pengembangan wilayah 0,147 dan kriteria aspek biaya 0,13. Hal ini dapat diartikan bahwa aspek kerusakan jalan merupakan pertimbangan utama dalam penentuan prioritas pembangunan jalan di Kabupaten Pidie namun tidak signifikan terhadap kriteria lainnya. Berdasarkan pembobotan dan skoring terhadap kriteria-kriteria tersebut maka diperoleh urutan skala prioritas penanganan jalan di Kabupaten Pidie, dimana Jalan Bangkeh – Leupu merupakan prioritas pertama dengan nilai kinerja 4,152. Kata kunci : Kabupaten Pidie, Analisis Multi Kriteria, Bobot Kriteria, Skoring Alternatif dan Prioritas Penanganan Jalan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENENTUAN SKALA PRIORITAS PROYEK PEMBANGUNAN JALAN DI KABUPATEN ACEH JAYA (Rahmad Fuadi, 2017)

PRIORITAS PENANGANAN JALAN NASIONAL BERDASARKAN METODE ANALISIS MULTI KRITERIARN(STUDI KASUS DI KOTA BANDA ACEH) (Mifa Maulidya, 2014)

STUDI PENENTUAN PRIORITAS KEGIATAN PENANGANAN RUAS JALAN NASIONAL BIREUEN – LHOKSEUMAWE – PANTONLABU (RISDIANSYAH, 2014)

EVALUASI KONDISI JALAN DI DAERAH KUMUH DAN STUDI PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN DI KABUPATEN PIDIE (STUDI KASUS:KECAMATAN KOTA SIGLI) (HENDRA SATRYA, 2018)

EVALUASI KONDISI JALAN DI DAERAH KUMUH DAN STUDI PENENTUAN PRIORITAS PENANGANAN JALAN DI KABUPATEN PIDIE (HENDRA SATRYA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy