//

AUDIT DAN OPTIMASI ENERGI LISTRIK PADA BANGUNAN KAMPUS MENGGUNAKAN METODE GENETIK ALGORITMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Samsuddin - Personal Name
SubjectELECTRIC POWER - MEASUREMENT
ALGORITHMS - COMPUTER PROGRAMMING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Pemanfaatan energi listrik secara efisien dan efektif di lembaga pemerintahan maupun swasta perlu dilakukan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 10 tahun 2005 dan Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2006 tentang pengelolaan energi listrik secara efesien dengan tidak mengabaikan fungsi dasar dari pemanfaatan energi itu sendiri. Hal ini menjadi salah satu rujukan untuk dilakukan audit energi listrik pada gedung Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah. Merujuk pada data pembayaran rekening listrik per bulan dapat diketahui bahwa penggunaan energi listrik rata-rata sebesar 3.059 kWh/bulan, dengan biaya rata-rata sebesar Rp. 3.036.333 per bulan di tahun 2016/2017. Berdasarkan data pembayaran yang ditampilkan dalam bentuk tagihan rekening, diperlukan suatu kajian berupa audit terhadap energi yang digunakan, sehingga dapat ditentukan langkah-langkah penghematan terhadap penggunaan energi listrik pada gedung tersebut. Langkah-langkah efisiensi yang dapat dilakukan seperti mengoptimalkan penggunaan ruang dan menggunakan peralatan yang hemat energi, dan dari sisi sumber daya manusia dengan memberikan pedoman perilaku hemat energi. Hasil dari audit energi dapat dijadikan pendoman dalam rangka mendukung program efisiensi penggunaan energi listrik pada gedung Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah. Tujuan utama penelitian adalah melakukan audit pemakaian energi listrik pada bangunan kampus dan menganalisa nilai Intensitas Konsumsi Energi (IKE) dari pemakaian energi setahun pada bangunan kampus, dan menentukan Peluang Hemat Energi (PHE). Berdasarkan tujuan yang diteliti, maka dapat diselesaikan dengan cara menggunakan Algoritma Genetika (AG) untuk mengoptimalkan pemakaian energi listrik. Setelah melakukan penelitian, maka mendapatkan kesimpulan bahwa faktor yang mempengaruhi borosnya pemakaian energi adalah peralatan yang digunakan mengkonsumsi daya yang besar, menghidupkan peralatan listrik yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Konsumsi energi listrik ruangan ber AC di Gedung Fakultas Teknik per bulan mencapai 3.197,48 kWh/bulan, setelah dilakukan optimalisasi dengan menggunakan metode Algoritma Genetika (AG) mendapatkan hasil penggunaan energi yang lebih optimal sebesar 1.459,70 kWh/ bulan, lebih hemat 45,65 % dari energi awalnya, nilai IKE setelah di optimasi sebesar 3,782 kWh/m2/bulan dan tergolong dalam kategori sangat efisien sesuai dengan hasil perbandingan dengan nilai standar IKE, dan untuk penerapan Peluang Hemat Energi (PHE) direkomendasikan dengan menggunakan sensor infrared. Kata kunci : Algoritma Genetika, Intensitas Konsumsi Energi, Peluang Hemat Energi, Sersor Infrared

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI BIAYA PEMBANGKIT LISTRIK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA GENETIK DENGAN FUNGSI OBJEKTIF RUGI-RUGI TRANSMISI (Rian Dwika Yuriki, 2019)

PENGOPERASIAN SINKRONISASI GENERATOR SET (GENSET) 300 KW PADA PT. KARYA TANAH SUBUR MEULABOH (NURHAKIMAH, 2018)

PENGHEMATAN PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK PADA GEDUNG PERKANTORAN DINAS KEUANGAN ACEH (FAJAR FARIS.KA, 2014)

PERANCANGAN INSTALASI LISTRIK PADA LABORATORIUM ENERGI LISTRIK BERDASARKAN PUIL (M. Yani, 2017)

ANALISIS KONSUMSI ENERGI LISTRIK DAN PELUANG HEMAT ENERGI DI KANTOR WALIKOTA SUBULUSSALAM (Chairul Amin, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy