//

HUBUNGAN TERAPI BERMAIN PUZZLE DENGAN STRES HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RUANG SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASISKA - Personal Name
SubjectSTRESS
THERAPY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 17 September 2012 xiii halaman + VI bab + 90 halaman + 13 tabel + 1 skema + 16 lampiran ASISKA 1007101190007 HUBUNGAN TERAPI BERMAIN PUZZLE DENGAN STRES HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RUANG SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Hospitalisasi merupakan suatu proses yang karena alasan yang terencana atau darurat mengharuskan anak untuk tinggal di rumah sakit, menjalani terapi dan perawatan sampai kembali kerumah. Sakit dan hospitalisasi yang meliputi kecemasan akibat perpisahan, kehilangan kendali dan takut akan cedera tubuh dan nyeri menimbulkan stres hospitalisasi pada anak. Salah satu intervensi keperawatan dalam mengatasi dampak hospitalisasi pada anak adalah dengan memberikan terapi bermain puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terapi bermain puzzle dengan stres hospitalisasi yang meliputi kecemasan akibat perpisahan, kehilangan kendali dan takut akan cedera tubuh dan nyeri pada anak prasekolah di ruang Seurune I Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2012. Desain penelitian bersifat deskriptif korelatif, populasinya yaitu ibu dan anak prasekolah. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin yaitu 56 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua jenis kuesioner yaitu dengan lembar observasi dan kuesioner. Hasil analisa data dengan menggunakan uji Chi Square didapatkan bahwa ada hubungan antara terapi bermain puzzle dengan stres hospitalisasi (p-value= 0,000), ada hubungan antara terapi bermain puzzle dengan kecemasan akibat perpisahan (p-value= 0,000), ada hubungan antara terapi bermain puzzle dengan kehilangan kendali (p-value= 0,000), ada hubungan antara terapi bermain puzzle dengan takut akan cedera tubuh dan nyeri (p-value= 0,000). Diharapkan orang tua dan bagian ruang rawat inap anak dapat memberikan terapi bermain puzzle pada anak prasekolah yang dihospitalisasi dalam upaya untuk meminimalkan atau menurunkan stres hospitalisasi yang di alami anak untuk perkembangannya yang optimal. Kata Kunci : Terapi bermain puzzle, Stres hospitalisasi, Anak prasekolah. Daftar Bacaan : 19 Buku (1995-2011), 14 Internet (2003-2012).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Novizayuna, 2014)

PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP RESPON PENERIMAAN OBAT PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SYIFAUL HASANAH, 2016)

HUBUNGAN ATRAUMATIC CARE DENGAN DAMAPK PSIKOLOGIS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG SEURUNE 1 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (ROSLAINI, 2014)

HUBUNGAN ATRAUMATIC CARE DENGAN DISTRES FISIK AKIBAT RNHOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RUANG SEURUNE I RNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (RINA RAHMATI, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN HOSPITALISASI PADA ANAK PRASEKOLAH DI RUANG RAWAT ANAK RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RSUD MEURAXA BANDA ACEH (Puput Puspita Dewi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy