//

KESULITAN MAHASISWA PESERTA MAGANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nura Mauliza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kurikulum 2013 menitikberatkan penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Namun penerapan pendekatan saintifik masih belum terlaksana dengan baik dalam praktek mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami mahasiswa peserta magang menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Fisika di SMA. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang melakukan magang III pada tahun ajaran 2017/2018 yang ditempatkan di SMA selama berlangsungnya masa PPL-KKN terintegrasi. Data dikumpulkan menggunakan angket kemudian dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik. Bentuk kesulitan yang dialami mahasiswa peserta magang diantaranya kesulitan memberikan pertanyaan kepada siswa untuk menalar/proses berpikir yang logis dan sistematis (83,3%), kesulitan menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, dan sumber belajar (75%), kesulitan menumbuhkan partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan (66,7%), kesulitan memfasilitasi siswa untuk menganalisis atau mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan (66,7%), kesulitan memfasilitasi siswa untuk mengamati (58,4%), dan kesulitan menumbuhkan partisipasi siswa dalam mengemukakan pendapat (58,3%).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HAMBATAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN FISIKA UNSYIAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM MAGANG I DAN MAGANG II (Nuriana, 2018)

KONTRIBUSI NILAI MAGANG III TERHADAP KOMPETENSI HARDSKILLS DAN SOFTSKILLS MAHASISWA FISIKA FKIP UNSYIAH (Karina Mutiara, 2018)

KESULITAN MAHASISWA PPG PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN DI BANDA ACEH (Rahmat Maulidi Tigana, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN SELF ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP (Ismi Amalia Sari, 2017)

PELAKSANAAN MATA KULIAH MAGANG I MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Arif Gunawan Syarwan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy