//

KAJIAN EFISIENSI SALURAN DAN KEBUTUHAN AIR DAERAH IRIGASI CUBO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maizatul Akhmal - Personal Name
SubjectIRRIGATION - AGRICULTURE
WATER CONSERVATION - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Konservasi Sumberdaya Lahan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

MAIZATUL AKHMAL, 2018. Kajian Efisiensi Saluran dan Kebutuhan Air Daerah Irigasi Cubo. Tesis Magister Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, dibawah bimbingan Hairul Basri dan Muyassir. ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui kebutuhan air irigasi eksisting dan mengetahui efisiensi jaringan primer dan sekunder di daerah irigasi Cubo di Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan observasi di lapangan dan wawancara langsung pada petani sedangkan data sekunder diperoleh dari BPP Kabupaten Pidie Jaya, rata-rata nilai efisiensi pada saluran primer di daerah irigasi Cubo adalah sebesar 59,41 % dan sekunder 56,04% serta rata rata efisiensi adalah sebesar 57,73 %. Kebutuhan air bersih untuk pertanian (NFR) adalah 1.04 l/det/ha, kebutuhan pengambilan (DR) adalah 1.81 l/det/ha dengan luas areal fungsional 1.090 ha adalah sebesar 1,97 m3/det. secara umum saluran efisiensi di daerah irigasi ini relatif rendah karena kurangnya pemeliharaan saluran serta disebabkan oleh pengambilan air secara ilegal oleh petani. Kata kunci : kesediaan air, kebutuhan air, efisiensi irigasi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI EFFESIENSI DAN EFEKTIFITAS SALURAN IRIGASI JEURAM KABUPATEN NAGAN RAYA (Iswandy Harrianto, 2019)

ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN IRIGASI DI DESA BARABUNG KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Isnaniati, 2013)

KAJIAN OPTIMASI PEMANFAATAN EMBUNG PAYA SEPAT UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN AIR IRIGASI D.I. CUBO TRIENGGADENG ZONA III KABUPATEN PIDIE JAYA (IVAN MIRZA, 2019)

KAJIAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS JARINGAN IRIGASI KRUENG BARO KIRI KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH (Imam Faudli, 2017)

KAJIAN KETERSEDIAAN AIR DAN KEBUTUHAN AIR PADA DAERAH IRIGASI CUBO TRIENGGADENG KABUPATEN PIDIE JAYA (T. Zulhairy, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy