//

MODEL PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KAWASAN WADUK KEULILING TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI LOKAL DESA BAK SUKON KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULIDAN - Personal Name
SubjectECONOMIC GROWTH
RESERVOIRS
TOURISM - INDUSTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

MODEL PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KAWASAN WADUK KEULILING TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI LOKAL DESA BAK SUKON KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Maulidan NIM. 1409200060063 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ashfa, ST, MT 2. Dr. Azmeri, ST, MT ABSTRAK Pengelolaan kawasan Waduk Keuliling sebagai objek wisata, saat ini masih kurang perhatian dari pemerintah, sehingga berpengaruh pada penurunan kualitas sarana dan prasarana waduk seperti area parkir, mushalla, kamar mandi dan kakus, warung, gazebo, menara pandang, dan kolam renang anak. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan faktor-faktor pengembangan ekowisata di kawasan waduk terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, dan untuk menemukan strategi pengembangan ekowisata di kawasan waduk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara, dan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini ditujukan pada penduduk Desa Bak Sukon, dengan jumlah sampel sebanyak 87 jiwa. Metode statistika yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Rumusan strategi pengembangan ekowisata dilakukan melalui Focus Group Discussion (FGD), yang terdiri dari akademisi, tokoh masyarakat, pihak swasta, dan pihak masyarakat dengan jumlah sepuluh orang. Hasil observasi untuk perkerasan area parkir telah ditumbuhi rumput, permukaan dinding teras mushalla telah retak, kamar mandi tidak terdapat lagi pintu dan kotor, atap serta dinding kakus telah rusak, dinding papan warung telah lapuk berjatuhan dan dihinggapi rayap, lantai dan tiang gazebo dari kayu telah lapuk berjatuhan dan dihinggapi rayap, cat besi pengaman tangga dan besi pengaman lantai 2 menara pandang mulai mengelupas dan korosi. Model faktor-faktor pengembangan ekowisata di kawasan Waduk Keuliling yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi lokal Desa Bak Sukon adalah faktor penjelasan, perbaikan fasilitas, atraksi ekowisata, akses ekowisata, fasilitas ekowisata, dan faktor pelayanan, dengan model regresi Y = 0,187X1 + 0,223X2 + 0,303X3 + 0,310X4 + 0,182X5 + 0,173X6. Strategi pengembangan ekowisata di kawasan Waduk Keuliling adalah penetapan zonasi, pengambilan kebijakan Pemerintah Daerah, pembentukan badan pengelola ekowisata, implementasi pengembangan ekowisata, pelibatan peran serta masyarakat, dan evaluasi kegiatan pengelolaan kawasan ekowisata. Kata Kunci: Strategi, pengembangan, ekowisata, Waduk Keuliling

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

WADUK KEULILING DAN PERUBAHAN MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI GAMPONG BAK SUKON KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR) (SAFIRA FULKIA, 2018)

APLIKASI METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI WENNER-SCHLUMBERGER UNTUK IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN DI KAWASAN WADUK KEULILING KECAMATAN KUTA COT GLIE, ACEH BESAR (Devayanti, 2016)

PENGARUH EROSI TERHADAP LAJU SEDIMENTASI PADA WADUK KEULILING ACEH BESAR (M. Arif Kurniawan, 2015)

HOTEL RESORT WADUK KEULILING DI ACEH BESAR (Rico Juniardi, 2014)

DAMPAK KEBERADAAN WADUK KELILING TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACER BESAR(STUDI KASUS DI DESA BAK SUKON DAN LAM LEUOT KECAMATAN KUTA COT GLIE) (KHAIRUL WALIDIN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy