//

PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU REKONSTRUKSI RUMAH BERBASIS MASYARAKAT PASCA BENCANA GEMPA DI KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muammar Anas - Personal Name
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya pada tanggal 7 Desember 2016 mengakibatkan kerusakan fisik bangunan pribadi, publik, dan infrastruktur. Salah satu metode yang diadopsi pada rekonstruksi rumah adalah pendekatan dengan berbasis masyarakat. Dalam metode ini, masyarakat tidak hanya sebagai penerima manfaat, tetapi ikut serta dalam pelaksanaan rekonstruksi. Rekonstruksi pasca bencana memiliki berbagai faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tepat waktu, faktor-faktor tersebut juga berbeda antara proyek normal dengan proyek pasca bencana, perbedaaan yang sangat signifikan adalah keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen waktu dan faktor-faktor yang mempengaruhi waktu pelaksanaan rekonstruksi rumah berbasis masyarakat. Data yang dikumpulkan yaitu data sekunder berupa studi literatur, dan rencana aksi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan data primer diperoleh dari wawancara dan penyebaran kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode statistik uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian dianalisis menggunakan persamaan mean dan standar deviasi. Berdasarkan hasil wawancara dan penyebaran kuesioner bahwa penerapan manajemen waktu tidak sepenuhnya dilakukan. Sedangkan faktor-faktor yang sangat berpengaruh adalah waktu tertentu tidak bekerja berdasarkan adat-istiadat, perubahan desain oleh pemilik rumah, kurangnya ketersediaan tenaga kerja, terhentinya pelaksaaan saat pencairan dana tahap ke-2 dan tahap ke-3, dan cuaca yang tidak mendukung saat pelaksanaan rekonstruksi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU REKONSTRUKSI RUMAH BERBASIS MASYARAKAT PASCA BENCANA GEMPA DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Muammar Anas, 2019)

PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU REKONSTRUKSI RUMAH BERBASIS MASYARAKAT PASCA BENCANA GEMPA DI KABUPATEN BIREUEN (FATHURRAHMAN, 2019)

PENGARUH PERAN PEMERINTAH DAN MASYARAKAT TERHADAP WAKTU PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI PERUMAHAN PASCA BENCANA DI KABUPATEN PIDIE JAYA (MAJID SADRI, 2018)

STRATEGI PENYALURAN LOGISTIK PASCA BENCANA GEMPA BUMI (STUDI KASUS PIDIE JAYA 2016) (NOEVAL RISMA, 2018)

STRATEGI PENYALURAN LOGISTIK PADA BENCANA GEMPA BUMI (STUDI KASUS GEMPA PIDIE JAYA 2016) (NOEVAL RISMA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy