//

EVALUASI PENERAPAN MANAJEMEN LALU-LINTAS PADA KAWASAN DRIEN RAMPAK MEULABOH KAB. ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAISAL ARIF - Personal Name
SubjectTRAFFIC VOLUME - STREETS
TRAFFIC WAYS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Jalan Gajah Mada merupakan jalan utama pada Kawasan Drien Rampak, Meulaboh, yang melayani lalu lintas dari atau menuju Kota Banda Aceh. Pada kawasan jalan Gajah Mada terdapat kantor Bupati Aceh Barat, Bank BRI, RSUD Cut Nyak Dhien, SMA N 1 Meulaboh dan MAN Meulaboh, serta terdapat juga pusat perdagangan seperti swalayan, rumah makan dan warung kopi serta apotek. Hal ini bisa menimbulkan dampak berupa penurunan tingkat pelayanan jalan (level of service – LOS) karena memicu adanya hambatan samping pada area jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan pada ruas jalan Gajah Mada dan memberikan alternatif penanganan dalam menjaga tingkat pelayanan jalan pada ruas jalan tersebut. Data primer diperoleh dari survey lapangan terhadap volume kendaraan, hambatan samping dan waktu tempuh kendaraan ringan. Data sekunder didapat dari instansi terkait. Tingkat pelayanan jalan dianalisa berdasarkan derajat kejenuhan dan karakteristik arus lalu-lintas. Dari pengolahan data didapat hasil derajat kejenuhan (DS) tertinggi pada jalan Gajah Mada untuk arah Sp. Kisaran-Sp. Rudeng sebesar 0,55. Sedangkan untuk arah Sp. Rundeng – Sp. Kisaran, DS tertinggi sebesar 0,49. Dari hasil analisis data di atas diperoleh tingkat pelayanan pada kedua arah jalan Gajah Mada berada pada LOS C dan kinerja jalan Gajah Mada masih memenuhi syarat untuk jalan perkotaan. Hasil prediksi tingkat pelayanan jalan Gajah Mada pada tahun 2023 berada pada LOS C, dengan DS tertinggi sebesar 0,70 dan masih memenuhi syarat sebagai jalan perkotaan. Alternatif penanganan untuk mengantisipasi permasalahan di masa yang akan datang pada jalan Gajah Mada bisa dilakukan dengan skenario pengurangan hambatan samping, dengan skenario ini mampu menurunkan derajat kejenuhan pada kondisi eksisting sebesar 0,55 menjadi 0,27. Sehingga mampu meningkatkan pelayanan jalan Gajah Mada dari LOS C pada kondisi eksisting menjadi LOS A pada kondisi diskenariokan. Kata Kunci : kinerja jalan, derajat kejenuhan (DS), kapasitas, Meulaboh, jalan Gajah Mada.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECELAKAAN LALU LINTAS DI PROVINSI ACEH (INDAH MUKTHADILA, 2018)

EVALUASI KONDISI DAN MANAJEMEN LALU LINTAS JALAN MASUK UNIVERSITAS ALMUSLIM (Kumita, 2015)

PENGATURAN LAMPU LALU-LINTAS DI SIMPANG PKA KOTA BANDA ACCEH DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC MAMDANI (Zahlul Auwali, 2017)

STUDI TINGKAT PELAYANAN JALAN, BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DAN MANAJEMEN LALU LINTAS DI RUAS JALAN K.H.AHMAD DAHLAN BANDA ACEH (M Rizky Pahlevi, 2016)

FENOMENA KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA BANDA ACEH (NURUL PUTRI QADHRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy