//

PENGARUH MATERIAL ABSORBER TERHADAP TEMPERATUR KELUARAN KOLEKTOR SURYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ABRAAR SHALAHUDDIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Kolektor surya yang berfungsi memanaskan udara terdiri dari absorber, saluran udara dan kaca penutup. Salah satu hal yang menyebabkan meningkatnya temperatur keluaran kolektor adalah tinggi temperatur absorber yang dapat dicapai. Absorber berfungsi menyerap panas dari intensitas matahari, setelah itu memanaskan udara yang mengalir pada saluran udara di atas absorber. Pemanasan pada laluan udara sangat di pengaruhi oleh pola aliran di dalam kolektor. Pada penelitian ini penulis mengkaji penggunaan variasi absorber pada kolektor surya. Variasi absorber yang dikaji dalam penelitian ini yaitu pasir besi, pasir gram besi, aspal hotmix dan aspal pasir besi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah untuk menentukan nilai radiasi, konduksi dan konveksi. Dimensi kolektor surya yang di gunakan berukuran 300cm x 80 cm. Nilai laju perpindahan panas paling baik terukur pada absorber jenis pasir gram besi pada intensitas cahaya matahari yang optimal yaitu pukul 12-14 Kata kunci : Kolektor surya, Suhu Penyerap, radiasi, konduksi, konveksi, absorber, belokan tajam.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN SISTEM PERPINDAHAN PANAS PADA KOLEKTOR SURYA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SALURAN BERBELOKAN TAJAM (Muhammad Ibnu Hasan, 2018)

KAJIAN NUMERIK PERPINDAHAN PANAS PADA KASUS KOLEKTOR SURYA DENGAN SISTEM SALURAN BELOKAN TAJAM (AUFA ASLAM NABAWI, 2018)

PENGARUH PERBANDINGAN VARIASI KOLEKTOR SURYA TIPE PLAT DATAR TERHADAP DISTRIBUSI TEMPERATUR (Kurniawan, 2018)

PENGARUH BENTUK KOLEKTOR KONSENTRATOR TERHADAP EFISIENSI PEMANAS AIR SURYA (Irwandi ZA, 2015)

PENGARUH CLEARANCE BELOKAN TAJAM TERHADAP TEMPERATUR KELUARAN KOLEKTOR SURYA (RIKI ARDIANTO, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy