//

PENGARUH PEMBERIAN PLASMA KAYA TROMBOSIT DENGAN AKTIVATOR KALSIUM KLORIDA (CACL2) TERHADAP PENYEMBUHAN RUPTUR PARSIAL TENDON ACHILLES TIKUS STRAIN WISTAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dr. Arfan Asmadi - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Latar belakang; Ruptur tendon Achilles (parsial atau komplet), merupakan salah satu gangguan pada tendon Achilles yang disebabkan trauma atau penggunaan tendon tersebut secara berlebih. Insiden ruptur tendon meningkat hingga 50% di negara maju. Manajemen penanganan pada ruptur tendon tersebut dapat dilakukan secara konservatif antara lain dengan injeksi plasma kaya trombosit (PKT). Plasma kaya trombosit adalah suatu autologous dari trombosit manusia dalam volume yang kecil dalam plasma. Platelet mengandung protein growth factor. Untuk menguji apakah PKT + aktivator CaCl2 dapat mempercepat proses penyembuhan pada cedera tendon Achilles. Tujuan Penelitian; untuk mengetahui pengaruh pemberian PKT dengan aktivator CaCl2 terhadap peningkatan jumlah kolagen tipe III dan kekuatan tendon pada proses penyembuhan cidera tendon Achilles pada tikus wistar. Metodologi Penelitian; Penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratorium menggunakan rancangan The post-test only control group design. Subjek penelitian adalah tikus wistar yaitu dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 10 ekor tikus putih dengan cidera tendon dan diberikan perlakuan injeksi PKT sebagai kelompok I, dan 10 ekor tikus putih dengan cidera tendon dan diberi perlakuan injeksi PKT dengan penambahan CaCl2. Penilaian dari kekutan tendon pasca perlakuan diukur dengan menggunakan kekuatan tarik tendon (tendon tensile strength), untuk penilaian kolagen tipe III akan diukur dengan cara scoring intensitas hasil pewarnaan immunohistokimia jaringan tendon. Data akan dianalisis dengan uji ANOVA. Hasil penelitian; Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan tarik tendon antara injesi plasma kaya trombosit dengan injeksi plasma kaya trombosit ditambah CaCl2 tidak berbeda signifikan p velue 0.176 (p>0.05). sedangkan untuk penilaian scoring dari intensitas pewarnaan immunohistokimia kolagen tipe III antara antara injesi plasma kaya trombosit dengan injeksi plasma kaya trombosit ditambah CaCl2 terdapat perbedaan secara nyata p velue 0.006 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSENTASE ABNORMALITAS SPERMATOZOA PADA DUA STRAIN TIKUS SPRAGUE DAWLEY DAN WISTAR (ROBI NOFRIA MISKA, S.KH, 2014)

STUDI KOMPARATIF BERAT TESTIS, EPIDIDIMIS DAN KELENJAR ASESORIS PADA TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) STRAIN WISTAR DAN SPRAGUE-DAWLEY (Rizky Ardyes, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KULIT BUAH DELIMA (PUNICA GRANATUM L) TERHADAP KADAR HORMON TESTOSTERON, DAN JUMLAH SPERMATOZOA TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) STRAIN WISTAR DIABETES (JESSICA ANGGUN SAFITRI, 2016)

FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR (ROSMIANI, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN SIMVASTATIN TERHADAP KADAR ALKALIN FOSFATASE SERUM DAN JUMLAH OSTEOBLAS PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) STRAIN WISTAR FRAKTUR FEMUR DENGAN DISLIPIDEMIA (Dr. Andri Feisal Nasution, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy