//

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN PASIEN PASCA STROKE DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desy Radhiyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Stroke merupakan penyakit serebrovaskular yang menunjukkan gejala hilangnya fungsi saraf pusat yang timbul secara mendadak dalam 24 jam atau lebih. Stroke dapat menyebabkan keterbatasan fisik, kecacatan, serta depresi sehingga mengalami ketergantungan pada orang lain dan membutuhkan bantuan secara berkelanjutan. Agar pasien dapat melakukan aktivitas secara mandiri kembali, dukungan sosial keluarga sangat dibutuhkan bagi pasien pasca stroke, dukungan sosial keluarga merupakan dukungan yang diterima seseorang dari orang lain, dan sangat berpengaruh dalam proses pemulihan pasien pasca stroke. Oleh karena itu, peneliti meneliti hubungan dukungan sosial keluarga dengan tingkat kemandirian pasien pasca stroke. Penelitian ini termasuk penelitian observasional analitik, dengan rancang bangun yaitu desain cross sectional. Metode pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden 50 orang. Penelitian ini dilakukan di Poliklinik Saraf RSUDZA Banda Aceh pada bulan Desember 2018 – Januari 2019. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah dukungan sosial keluarga, sedangkan variabel terikatnya tingkat kemandirian. Hasil penelitian ini menyebutkan sebagian besar responden pasca stroke berjenis kelamin laki-laki sebanyak 29 (58%) orang dari 50 responden, Tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas sebanyak 25 (50%) orang, dan dari segi pekerjaan ibu rumah tangga sebanyak 12 (24%) orang. Hasil penelitian ini juga menyebutkan sebanyak 31 (62%) responden mendapatkan dukungan sosial keluarga yang baik, serta sebanyak 19 (38%) responden mendapatkan dukungan sosial yang kurang. Berdasarkan tingkat Kemandirian didapatkan sebanyak 25 (50%) responden mandiri, 21 (42%) responden ketergantungan ringan, dan 4 (8%) responden ketergantungan total. Berdasarkan analisis menggunakan uji Spearman, terdapat hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan tingkat kemandirian pasien pasca stroke dengan nilai p value = 0,025 (

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN DEPRESI PADA PASIEN PASCA STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Cut Mala Dewi, 2017)

DUKUNGAN KELUARGA DALAM MERAWAT PASIEN STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (FAHRIZAL, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS RNHIDUPPASIEN STROKE DI RUANG REHABILITASI MEDIK RNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH TAHUN 2014 (EKA SUNNIATI, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN RESPON EMOSIONAL PASIEN PASCA STROKE DI RUANG RAWAT SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (NURLINAWATI, 2014)

PENGARUH PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN MENJALANI NEUROREHABILITASI PADA PASIEN PASCA STROKE DI UNIT REHABILITASI MEDIK RSUDZA BANDA ACEH (Syarifah Chaira, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy