//

GAMBARAN DERAJAT NYERI DADA PASIEN PASCA TINDAKAN INTERVENSI KORONER PERKUTAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SALSABILA CHARISSA MEDINA - Personal Name
SubjectDYSMENORRHEA - GYNECOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah penyakit yang terjadi akibat aterosklerosis sehingga arteri koronaria menyempit. Salah satu gejala dari penyakit jantung koroner adalah adanya angina, yaitu perasaan tidak nyaman dan nyeri dada. Salah satu pilihan tatalaksana penting untuk PJK, termasuk meredakan angina, adalah Intervensi Koroner Perkutan (IKP). Namun, masih ada pasien yang mengalami angina pasca IKP. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui derajat nyeri dada pasien sebelum dan sesudah IKP. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Metode sampling yang digunakan yakni consecutive sampling dan melibatkan 88 responden. Responden penelitian adalah pasien pasca IKP yang diwawancarai di Poliklinik Jantung RSUDZA. Dari hasil penelitian diperoleh hasil sebanyak 41 responden (46,6%) mengalami angina pasca IKP sedangkan 47 responden (53,4%) tidak mengalami angina pasca IKP. Nyeri dada yang responden kemudian diukur dengan Canadian Cardiovascular Society grading of Angina Pectoris (CCSA). Hasil didapatkan bahwa sebelum tindakan pasien mengalami angina berat, yakni Grade III. Setelah IKP, jumlah responden yang mengalami angina menurun dan responden yang merasakan angina berada dalam Grade ≤ II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 46,6% pasien pasca IKP masih merasakan nyeri dada dan nyeri dada responden berkurang secara signifikan setelah menjalani IKP. Kata Kunci : Penyakit Jantung Koroner, Intervensi Koroner Perkutan, Angina Pasca IKP, Canadian Cardiovascular Society grading of Angina Pectoris

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN PASCA BEDAH FRAKTUR DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (selvia nazar wati, 2016)

EFEKTIFITAS FACET JOINT BLOCK TERHADAP INTENSITAS NYERI PUNGGUNG BAWAH (NBP)KRONIK DIBAGIAN SARAF RSUDZA BANDA ACEH (DEVI INKHA SAPUTRI, 2016)

HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH, USIA MENARCHE, DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN DYSMENORRHEA PRIMER PADA WANITA (Diva Riamilda Irianto, 2017)

EVALUASI MANAJEMEN NYERI PASCA-OPERASI PADA PASIEN GERIATRI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (RSUDZA) BANDA ACEH (AIDA APRIANI, 2017)

HUBUNGAN LOKASI LESI PADA GAMBARAN CT-SCAN KEPALA PASIEN STROKE DENGAN JENIS NYERI PASCA STROKE DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (TIA AYU MARINI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy