//

BIAYA PEMBANGUNAN DAN REKONSTRUKSI PERLENGKAPAN JALAN PADA JALAN LINGKAR KAMPUS UNSYIAH KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dinar Alyuga - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Perlengkapan jalan merupakan bagian dari keselamatan pengguna jalan yang meliputi, rambu, marka, warning light, alat penerangan jalan umum. Rencana anggaran biaya (RAB) pembangunan perlengkapan jalan dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan. Rencana anggaran biaya dihitung berdasarkan perkalian antara volume pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan. Harga satuan pekerjaan diperoleh dari biaya material, peralatan, upah tenaga kerja, dan transportasi. Jalan lingkar kampus unsyiah sedang ditingkat kan sehingga perlu diketahui kebutuhan perlengkapan jalan pada kondisi eksisting dan perencanaan tambahannya kondisi saat ini, hanya 1 segmen jalan yang memiliki marka membujur yang lengkap, seluruh persimpangan belum memiliki marka melintang yang lengkap. Perlu ditambahkan papan nama jalan di setiap awal ruas jalan sebelum persimpangan di sepanjang jalan ini. Rambu-rambu lalu lintas tidak boleh terhalangi oleh apapun, fasilitas penerangan jalan ditempatkan di median jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung RAB pembangunan dan rekonstruksi perlengkapan jalan pada Jalan Lingkar Kampus Unsyiah. Metode perhitungan RAB adalah berdasarkan standar biaya di lingkungan perhubungan, yang terdapat pada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 78 T ahun 2014. Awalnya dilakukan survei untuk mengetahui kebutuhan pembangunan dan rekonstruksi perlengkapan jalan. Setelah itu, menentukan harga satuan pekerjaan. Selanjutnya, dihitung rencana anggaran biaya. Hasil penelitian ini adalah diketahuinya perlengkapan jalan yang dibutuhkan, yaitu 23 rambu, 5 warning light, 2.308 m marka, dan 22 alat penerangan jalan umum. Total RAB pembangunan dan rekonstruksi perlengkapan jalan pada Jalan Lingkar Kampus Unsyiah Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh adalah Rp. 1.370.135.000,00. Kata kunci : Perlengkapan Jalan, Marka, Rambu, Warning light, APJU, RAB.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE BINA MARGA ( PADA RUAS JALAN LINGKAR KAMPUS UNSYIAH ) (Rijalul Kamal, 2018)

EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (STUDI KASUS RUAS JALAN LINGKAR KAMPUS UNSYIAH DARUSSALAM) (Muhammad Syauqi, 2018)

ANALISIS PRIORITAS PEMBANGUNAN JALAN LINGKAR DI KABUPATEN SIMEULUE DENGAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (Rusvan Verizal, 2015)

KAJIAN JALUR EVAKUASI DAN TITIK EVAKUASI BENCANA GEMPABUMI BERPOTENSI TSUNAMI ( STUDI KASUS KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH ) (Zainal Abidin, 2013)

ANALISIS BESAR KEUNTUNGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BKBOK) DAN NILAI WAKTU PERJALANAN (STUDI KASUS JALAN T. NYAK ARIEF DAN LAKSAMANA MALAHAYATI KOTA BANDA ACEH) (Cut Yuni Putri Natuah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy