//

PEMETAAN GEOLOGI DAN ANALISIS STABILITAS LERENG DI DESA SIRON KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR DENGAN METODE FELLENIUS DAN PEMODELAN KOMPUTER.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARIEF FURQAN - Personal Name
SubjectCONSTRUCTION
ROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Aceh merupakan daerah rawan bencana alam, salah satunya longsor yang dapat menyebabkan kerugian bagi manusia, terutama pada daerah dekat pemukiman dan infrastruktur. Untuk meminimalisir dampak yang tejadi, diperlukan suatu analisis untuk mengetahui potensi terjadinya gerakan tanah dengan melihat faktor keamanan lereng. Penelitian ini terdiri atas pemetaan geologi dan analisis stabilitas lereng. Penelitian geologi dilakukan untuk melihat persebaran litologi pada lokasi penelitian dan menentukan lokasi lereng yang memiliki potensi dampak bencana longsor terhadap infrastruktur, sedangkan analisis stabilitas lereng dilakukan untuk mengukur stabilitas lereng pada lokasi penelitian. Adapun hasil dari penelitian menunjukan persebaran litologi batuan terdiri atas satuan batupasir karbonatan, satuan batupasir sisipan batulempung, satuan batulempung pasiran dan satuan aluvium. Sedangkan berdasarkan perhitungan analisis stabilitas lereng dengan menggunakan metode Fellenius, asumsi bidang gelincir menunjukan nilai faktor keamanan terbagi tiga asumsi yaitu gerakan tanah jarang terjadi dengan nilai faktor keamanan sebesar 1,75 dan 1,77 dan gerakan tanah sangat jarang terjadi dengan nilai faktor keamaan 2,79. Adapun analisis stabilitas lereng dengan menggunakan pemodelan komputer dengan metode Bishop (Geo Slope/ W 2012) terdapat tiga asumsi bidang gelincir yaitu gerakan tanah jarang terjadi dengan nilai 1,88 dan 1,89 dan gerakan tanah sangat jarang terjadi dengan nilai 3,02. Kata Kunci: Geologi, lereng, faktor keamanan, metode Fellinius, metode Geo Slope/ W 2012

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONDISI FISIK DAN LINGKUNGAN RUMAH PENDERITA MALARIA DI DESA BUNG SIMEK KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR (Mutia Salma, 2014)

FAKTOR KEAMANAN TERHADAP STABILITAS LERENG DAN KONSTRUKSI DINDING PENAHAN TANAH TIPE COUNTERFORT (STUDI KASUS RUAS JALAN BABAHROT-BLANGKEJEREN STA 13+850-STA 13+895) (Karsa Ciptaning, 2018)

ANALISIS PEMANFAATAN SUMBERDAYA AIR DAN KEBUTUHAN AIR UNTUK SEKTOR PERTANIAN DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR (Mainia Sari, 2015)

GEOLOGI DAN ANALISA GRANULOMETRI DATARAN BANJIR DI KECAMATAN INDRAPURI, ACEH BESAR (Firdha Sabrina, 2018)

PERAN PNPM DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR PADA SIMPAN PINJAM KELOMPOK PEREMPUAN (Nurdin, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy