//

PENENTUAN INDEKS ANGKA KUMAN UDARA DI RUANG RAWAT INAP BEDAH ORTOPEDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Devi Safrina - Personal Name
SubjectAIR
MICROBIOLOGY-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Ruang Rawat Inap Bedah Ortopedi Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh merupakan salah satu ruang yang memungkinkan terjadinya Healthcare Associated Infections (HAIs). Mikroba udara merupakan salah satu faktor yang berpotensi menyebabkan HAIs. Penelitian ini bertujuan untuk menilai indeks angka kuman udara pada Ruang Rawat Inap Bedah Ortopedi RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan observasional laboratorium. Metode penelitian yang digunakan adalah Passive Air Sampling yaitu pengambilan sampel dengan membiarkan sebanyak 27 cawan petri yang berisi media plate count agar (PCA) terbuka selama 1 jam. Cawan petri diletakkan setinggi 1 meter dari lantai dan jarak 1 meter dari benda sekitar. Sampel diinkubasi pada suhu 37˚C selama 24 jam dan koloni yang tumbuh dilakukan penghitungan. Hasil penghitungan dikonversikan ke dalam satuan CFU/m3 menggunakan rumus Omelianski. Selanjutnya nilai disesuaikan dengan standar yang ditetapkan oleh Kepmenkes RI No.1204/Menkes/SK/X/2004 mengenai indeks angka kuman udara di ruang perawatan. Hasil penelitian menunjukkan tingginya angka mikroba udara di Ruang Rawat Inap Bedah Ortopedi RSUDZA Banda Aceh yang melebihi standar yaitu >500 CFU/m3. Kata kunci: Healthcare Associated Infections (HAIs), indeks kuman udara, Ruang Rawat Inap Bedah Ortopedi, Passive Air Sampling.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH TINGKAT KEJENUHAN KERJA SHIFT MALAM TERHADAP TINGKAT KEKEBALAN STRES DOKTER MUDA YANG MENJALANI KEPANITERAAN KLINIK SENIOR DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (Muhammad Aulia Kurniawan, 2014)

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

HUBUNGAN FUNGSI PENGORGANISASIAN KEPALA RUANG DENGAN PENGELOLAAN RUANG RAWAT YANG DIPERSEPSIKAN PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Husaimi, 2014)

GAMBARAN BEBAN KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP JEUMPA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dewi Susanti, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN UPAYA PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINBANDA ACEH TAHUN 2014 (Fittri Yanti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy