//

PERBEDAAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Reza Fahlevi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fahlevi, Muhammad Reza. 2017. Perbedaan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Dan Tidak Menggunakan Media Gambar Di Kelas IV SDN 12 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Bukhari, M.Pd., (2) Drs. M. Yamin, M.Pd. Kata Kunci: perbedaan, kemampuan, berbicara Dalam pendidikan media merupakan salah satu penunjang keberhasilan dalam pembelajaran. Guru tidak cukup hanya menggunakan lisan untuk menyampaikan pelajaran. Akan tetapi juga membutuhan sarana ataupun alat sebagai penyalur pesan dari penjelasan guru, yang disebut dengan media. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimana kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan media gambar dan tidak menggunakan media gambar di Kelas IV SDN 12 Banda Aceh. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan media gambar dan tidak menggunakan media gambar di Kelas IV SDN 12 Banda Aceh dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbicara dengan menggunakan media gambar dan tidak menggunakan media gambar pada siswa Kelas IV SDN 12 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan media gambar lebih baik daripada yang tidak menggunakan media gambar di Kelas IV SDN 12 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperimental Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVadan IVb dengan jumlah 46 siswa. Kelas IVa adalah kelas eksperimen berjumlah 24 siswa. Sedangkan kelas IVb adalah kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang analisis data dengan menggunakan korelasi uji t, pada taraf signifikansi α = 0,05 Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dengan menggunakan korelasi uji t, pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = (n1 + n2 – 2) = (24 + 24 – 2) = 46. Maka dengan daftar distribusi t dengan t1-1/2α(dk) = = = t0,975(44) = 2,02. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, terima H0 jika = t1-1/2α < t < t1-1/2α. Karena thitung > ttabel = 3,94 > 2,02, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan media gambar lebih baik daripada yang tidak menggunakan media gambar di Kelas IV SDN 12 Banda Aceh. iii

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V MELALUI MEDIA GAMBAR DAN NON MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI 35 BANDA ACEH (Nurkhalimah, 2019)

PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR (Susi Susanti, 2018)

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIARNGAMBAR DAN MELALUI MEMBACA TEKS PROSARNSISWA KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH (Nurul fuaida, 2015)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ASLI DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (windayani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy