//

PERBANDINGAN GEJALA ANSIETAS PADA KELOMPOK UMUR LANSIA DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AGUSTY MAULIDYA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Keberadaan populasi lansia di dunia meningkat sangat cepat. Dengan meningkatnya populasi penduduk lansia, akan diiringi dengan masalah kesehatan mereka, salah satunya adalah masalah psikososial akan. Ansietas merupakan salah satu masalah psikososial yang mempengaruhi populasi lansia. Masalah psikososial terjadi karena jarang teridentifikasi oleh profesional keperawatan serta lansia yang tidak memahami masalah psikososial yang dialami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan gejala ansietas pada berbagai kelompok umur lansia di Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini deskriptif komparasi dengan pendekatan cross sectional study. Cara penarikan sampel menggunakan metode convinience sampling, dan diperoleh besar sampel sebanyak 201 responden yang didapatkan dengan menggunakan perhitungan rumus slovin. Pengumpulan data menggunakan instrumen baku GAI (Geriatric Anxiety Inventory). Hasil analisis data dengan menggunakan chi-square didapatkan tidak ada perbandingan antara gejala ansietas dengan umur lansia di Kota Banda Aceh (p-value 0,316) dikarenakan responden pada setiap kelompok umur memiliki gejala ansietas lebih banyak dari pada responden yang tidak ada gejala ansietas. Oleh karena itu, diharapkan pihak pelayanan agar dapat memberikan pelayanan yang sesuai dan mampu memberikan asuhan keperawatan pada lansia dengan membantu lansia beradaptasi dalam perubahan fisik, konsep diri, serta fungsi peran sehingga lansia mampu berespon adaptif terhadap ansietas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DENGAN GEJALA DEPRESI PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MAULIZAHAYANI, 2016)

GAMBARAN ANSIETAS PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI DESA TIBANG KECAMATANRNSYIAH KUALA BANDA ACEHRNTAHUN 2013 (RAFIQA, 2014)

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT SESAK NAPAS PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK DENGAN SIMPTOM ANSIETAS (Maulianur Rizki, 2016)

HUBUNGAN DERAJAT SESAK NAPAS PENYAKIT PARU OSTRUKTIF KRONIK DENGAN SIMPTOM ANSIETAS (Maulianur Rizki, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy