//

REDUKSI OSILASI DAYA PADA MPPT PANEL SURYA DENGAN METODE KOMBINASI PNO DAN FUZZY

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Nurul Fajri - Personal Name
SubjectSOLAR ENERGY - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Panel surya merupakan perangkat sumber listrik yang diaplikasikan sebagai pembangkit listrik untuk menghasilkan tegangan keluaran arus searah (DC). Dalam penggunaan panel surya ini permasalahan utama adalah keluaran daya pada panel surya tidak konstan karena disebabkan oleh suhu dan iradiasi sinar matahari yang berubah-ubah, oleh karena itu mengakibatkan daya keluaran panel surya berfluktuasi dan menjadi tidak stabil. Daya keluaran ini di akan di gunakan pada pemrosesan menggunakan metode MPPT Perturb and Observ (PNO) yang digunakan pada pencari titik maksimun panel surya dengan menggunakan 2 parameter masukan serta dapat diterapkan untuk semua jenis panel surya. Tetapi algorima PNO ini mempunyai kekurangan karena cara kerjanya mengatur tegangan serta mengobservasi daya agar daya menjadi maksimum, sehingga sinyal output yang dihasilkan terjadi osilasi. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi osilasi daya keluaran dari MPPT menggunakan simulasi power elektronik pada konverter boost tiga tingkat dengan mengkombinasikan metode MPPT PNO dan Fuzzy. Fuzzy pada penelitian ini menggunakan metode Mamdani inference, dimana menggunakan 2 input dan 1 ouput. Dari simulasi rangkaian ini Konverter boost tersebut akan diuji pada beberapa kondisi sinar matahari dan temperatur yang diterima oleh panel surya, kemudian akan dilihat kemampuan dari metode MPPT untuk menuju titik maksimun daya keluaran panel surya, sehingga hasil keluaran daya dari metode MPPT PNO dan Fuzzy dapat mereduksi osilasi lebih optimal hingga 78,57 %.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN SISTEM MAXIMUM POWER POINT TRACKER (MPPT) PADA SISTEM PHOTOVOLTAIC (PV) MENGGUNAKAN METODE HILL CLIMBING (Azhar Gunawan, 2015)

PERANCANGAN INSTALASI LISTRIK PADA LAMPU TAMAN YANG DI SUPLAI DARI SOLAR CELL FAKULTAS MIPA UNSYIAH DESIGN OF ELECTRIC INSTALLATION ON GARDEN LIGHTS SUPPLY FROM SOLAR CELL FACULTY OF UNSYIAH MIPA (NURMISWARI, 2018)

KOMPARASI KINERJA PANEL SURYA JENIS MONOKRISTAL DAN POLYKRISTAL STUDI KASUS CUACA BANDA ACEH (Sura Eka Pratama Pagan, 2019)

PENGARUH VARIASI RADIASI DAN SUHU TERHADAP PELACAKAN TITIK DAYA MAKSIMUM MODUL SURYA DENGAN METODE GREY WOLF OPTIMIZATION (RIZKI FAULIANUR, 2018)

RANCANGAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA UNTUK POMPA AIR IRIGASI (Mukhtar Riyandri Tarigan, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy