//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DIPADU MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURZAHRIANA - Personal Name
SubjectMOTIVATION
TEACHING METHODS
BIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadu mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Pidie. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2018 tahun ajaran 2017/2018 di MAN Kabupaten Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperiment dengan bentuk Pretest- posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Keseluruhan sampel di MAN Kabupaten Pidie dalam penelitian ini berjumlah 215 peserta didik. MAN 1 Kabupaten Pidie di Kecamatan Kota Sigli berjumlah 73 peserta didik, MAN 2 Kecamatan Mutiara Timur berjumlah 72 peserta didik dan MAN 4 Kabupaten Pidie di Kecamatan Kota Bakti dengan 70 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi untuk melihat motivasi belajar peserta didik dan tes untuk melihat hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat baik. Hasil uji -t motivasi belajar diperoleh MAN 1 Kabupaten Pidie diperoleh t hit 1,479 sedangkan t tab 2,048, kemudian di MAN 2 diperoleh t hit 1,925 sedangka n t tab 2,048, dan MAN 4 diperoleh t hit 1,170 sedangkan t tab 2,048. Untuk hasil belajar siswa diperoleh MAN 1 yaitu, t hit 1,328 sedangkan t tab 2,048, MAN 2 yaitu, t hit 1,723 sedangkan t tab 2,048 dan MAN 4 yaitu, t hit 4,654 sedangkan t tab 2,048. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadu mind mapping berpengaruh secara siqnifikan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia di MAN Kabupaten Pidie. Kata Kunci: Model pembelajaran Learning Cycle 7E, mind mapping, Kabupaten Pidie

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MADRASAH ALIYAH KOTA BANDA ACEH (FAZRINA, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (ULFA MEIRIDA, 2018)

THE IMPLEMENTATION OF MIND MAPPING TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT GRADE VIII, SEMESTER 1,SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA IN ACEH TENGGARA) (RUSYDI, 2014)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy