//

EVALUASI KINERJA STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG SERBA GUNA KABUPATEN PIDIE JAYA AKIBAT GEMPA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS PUSHOVER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Shofiyatul Khairiyah Nasty - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada tanggal 7 Desember 2016 Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, diguncang oleh gempa dengan kekuatan 6,4 Skala Richter. Gempa yang terjadi menyebabkan banyak infrastuktur gedung mengalami kegagalan struktur, salah satunya adalah Gedung Serba Guna Kabupaten Pidie Jaya yang terletak di Kota Mereudu, Kabupaten Pidie Jaya. Gedung tersebut merupakan gedung tiga lantai yang terdiri dari bangunan depan dan bangunan belakang. Penelitian ini dilakukan pada bangunan depan gedung yang merupakan struktur balok dan kolom beton bertulang. Baik kolom maupun balok struktur pada bangunan tersebut mengalami kerusakan akibat gempa. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar didapatkan kinerja dari struktur bangunan Gedung Serba Guna tersebut. Kinerja struktur sendiri diperoleh dari nilai performance point struktur gedung. Analisis pushover dilakukan terhadap arah x dan arah y sumbu bangunan. Analisis pushover dilakukan dengan memberikan beban dorong secara bertahap sampai terbentuknya sendi plastis yang menunjukkan displacement dari struktur. Analisis dilakukan dengan mengacu pada peraturan ATC-40 (Applied Technology Council), FEMA 356 (Federal Emergency Management Agency), dan SNI 1726 Tahun 2012. Nilai performance point tertinggi analisis arah x didapat dengan metode FEMA 440 Equivalent Linearization dimana base reaction sebesar 590,095 ton dan displacement sebesar 36 mm, sedangkan analisis arah y dengan metode ATC-40 Capacity Spectrum dengan base reaction sebesar 600,043 ton dan displacement 15 mm. Mekanisme sendi plastis struktur bangunan depan gedung Serba Guna Kabupaten Pidie Jaya merupakan column sidesway mechanism dimana kolom mengalami sendi plastis terlebih dahulu kemudian balok. Berdasarkan nilai performance point yang di dapat dari analisis pushover arah x dan arah y, didapat level kinerja struktur bangunan yaitu immediate occupancy. Artinya struktur mengalami kerusakan namun tidak signifikan dan perlu dilakukan perbaikan pada struktur yang mengalami kerusakan. Kata kunci : analisis pushover, performance point, sendi plastis, kinerja struktur bangunan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KINERJA STRUKTUR GEDUNG BETON BERTULANG DENGAN BASE ISOLATOR MENGGUNAKAN ANALISIS BEBAN DORONG (PUSHOVER) (FITRY HASDANITA, 2017)

ANALISIS KEGAGALAN STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG SERBAGUNA BAGIAN DEPAN KABUPATEN PIDIE JAYA MENGGUNAKAN ANALISIS TIME HISTORY (AULIA RAHMAD, 2018)

ANALISIS HARGA KOMPONEN STRUKTURAL KONSTRUKSI GEDUNG PADA ZONA 12 DAN 13 DI PROVINSI ACEH (MUHAMMAD NAUFAL, 2018)

ANALISIS HARGA KOMPONEN STRUKTUR BANGUNAN TAHAN GEMPA PADA ZONA 12 DAN 13 DI PROVINSI ACEH (Anni Zahara Putri, 2018)

EVALUASI PERILAKU STRUKTUR BANGUNAN BETON BERTULANG AKIBAT GEMPA DENGAN METODE NONLINEAR STATIC PUSHOVER ANALYSIS (STUDI KASUS: GEDUNG BARU DPRK BANDA ACEH) (Tari Azanna Octavia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy