//

ANALISIS RANCANGAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS)OFF-GRID TERPUSAT DUSUN KETUBONG TUNONG KRCAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zikra Latasya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Dusun Ketubong Tunong merupakan dusun yang terdapat pada Desa Blang Lango yang belum menikmati listrik. Akses jalan menuju ke daerah tersebut cukup sulit yang menyebabkan tidak terdistribusinya jaringan listrik PLN. Untuk mengatasi permasalahan tersebut akan dibangun sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Off-grid terpusat 45 kWp. Kapasitas PLTS 45 kWp dibangun hanya untuk melayani beban penerangan di malam hari, namun kebutuhan peralatan llistrik masyarakat setempat lebih dari penerangan. Oleh sebab itu, kapasitas PLTS untuk mensuplai kebutuhan listrik di Dusun tersebut harus di analisis kembali sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat. Penelitian ini membahas tentang ketepatan dan kesesuaian rancangan dalam pembangunan PLTS Off-grid Terpusat di daerah Ketubong Tunong, Kecamatan Seunangan Timur, Kabupaten Nagan Raya ditinjau dari kapasitas sistem yang akan terpasang dalam mencukupi kebutuhan masyarakat Ketubong Tunong. Metode perhitungan kapasitas PLTS dilakukan menggunakan persamaan matematis dan dilakukan akurasi data menggunakan simulasi pvsyst. Dari hasil perhitungan didapatkan msyarakat ketubong tunong memerlukan energi listrik sebesar 287 kWh/hari. Untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut dibutuhkan 432 unit modul surya berkapasitas 260 Wp. Daya listrik yang dapat dibangkitkan sebesar 112,8 kWp.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMISASI RANCANGAN PLTS TERPUSAT MANDIRI MENGGUNAKAN METODE NUMERIK BERDASARKAN LOST OF LOAD PROBABILITY DAN ANNUAL TOTAL LIFE CYCLE COST (ILYAS, 2019)

STUDI KELAYAKAN ENERGI MATAHARI SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) DI PULAU WEH SABANG (Sadam Husin, 2017)

APLIKASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA PADA SMART TRAFFIC LIGHT (NOVRYANZA FAZLUR HAKIM, 2013)

PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN ENERGI LISTRIK HYBRID PADA SOLAR HOME (ikram muddin, 2016)

KERAGAMAN REPRODUKSI KERBAU LOKAL BETINA PADA KONDISI PETERNAKAN RAKYAT DI KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (MUTAWALLI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy